Jumat, Oktober 18


Jakarta

Belum lama ini viral cokelat isi kunafa asal Dubai. Seorang netizen di X (Twitter) membuat versi ekonomisi dengan isi bihun dan berakhir dihujat.

Cokelat kunafa asal Dubai viral belum lama ini. Produk dari Fix Chocolate dengan varian pistachio banyak diperbincangkan oleh penggemar makanan manis.

Viralnya cokelat kunafa ini mengundang banyak netizen di media sosial untuk membuat sendiri. Cokelat ini isiannya berupa kunafa dari kataifi yang garing renyah.


Namun, ada juga netizen nyeleneh yang mengganti isian kunafa itu dengan bihun. Seperti yang dibagikan dalam unggahan akun X (Twitter) @tayankanrl.

Netizen itu menuliskan, “SEGITUNYA BANGET??! Diketawain cowokku bikin dubai chocolate pake bihun, emang ga bole??”

cokelat kunafa ekonomis, netizen bikin pakai bihun Foto: X (Twitter) @tanyakanrl

Keterangan itu juga disertai dengan foto cokelat batangan dan bihun di atas talenan. Tentu saja, unggahannya langsung mencuri perhatian netizen lain dan sampai saat ini telah dilihat 427 ribu kali.

Menurut keterangannya, ia menyebut kalau dirinya ditertawakan oleh sang kekasih. Ternyata, reaksi yang diberikan netizen tak jauh berbeda, mereka juga menghujat sang netizen.

“Pakai kunafa bukan bihun nder, ya Allah. Kamu mau bikin cokelat dubai apa isian pastel,” komentar netizen.

“Nggak ada kunafa jadi bihun wkwk,” sahut netizen lain.

“Nggak sekalian pakai Indomie nder, kasih sawi sekalian,” komentar lainnya.

cokelat kunafa ekonomis, netizen bikin pakai bihun Foto: X (Twitter) @tanyakanrl

Jadi, cokelat Dubai itu dibuat menggunakan isian kunafa. Kunafa itu terbuat dari kataifi atau pastry khas Timur Tengah.

Kataifi ini merupakan phyllo pastry (pastry yang super tipis) yang diiris halus, sekilas memang mirip dengan bihun. Biasanya pastry ini ditawarkan dalam bentuk siap pakai dalam wadah karton atau plastik

Mengutip tutorial yang dibagikan dalam video TikTok dengan akun @luvitaho, kataifi itu diiris halus dan disangrai menggunakan mentega sampai kecokelatan. Teksturnya harus sampai renyah dan hancur.

Dalam tutorial itu juga dibagikan cara membuat kataifi dari adonan basah. Bahannya terdiri atas 100 gram tepung protein sedang, 75 gram tepung maizena, 1 sdm minyak sayur, 1 sdt gula, 1/2 sdt garam, dan 220 ml air.

Semua bahan dicampur menjadi satu sampai menghasilkan adonan yang agak kental. Lalu, Sadi an disaring dan dimasukkan ke dalam plastik. Kemudian, tuangkan ke atas wajan panas membentuk pola mirip sarang.

Video tutorial tersebut juga banyak disarankan oleh netizen X untuk dicoba. “Ini nder resep kunafa jangan pakai bihun lagi ya,” salah satu netizen berkomentar.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version