Minggu, Oktober 6


Jakarta

Sejak beberapa tahun terakhir, aksi pencurian motor dengan cara dibopong atau digotong marak terjadi di Indonesia. Biasanya, cara itu dilakukan saat kendaraan dikunci ganda. Lantas, dengan bobotnya yang ringan, sejauh apa keamanan Honda BeAT baru?

Sebagai catatan, berat Honda BeAT baru hanya 87 kg atau turun 3 kg dari model sebelumnya. Kita mungkin akan berpendapat, bobotnya yang tak sampai 1 kuintal membuatnya mudah dicuri dengan cara digotong.

Ets! Tapi nyatanya tak semudah itu. Sebab, PT Astra Honda Motor (AHM) membekali Honda BeAT baru dengan perangkat alarm. Menariknya, alarm tersebut punya sensor ‘sakti’ yang mengenali berbagai macam sentuhan, baik itu pergeseran atau getaran minor.


“Alarm kita punya G-Sensor atau sensor gravitasi yang menimbulkan bunyi ketika goyang dan pindah posisi. Kalau intensitasnya sentuhannya bertambah, intensitas bunyinya juga makin (keras),” ujar Sarwono Edhi selaku Senior Analyst New Model Service PT AHM di Kemayoran, Jakarta Pusat.

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru melalui sentuhan desain compact teranyar dan beragam fitur canggih yang menambah kenyamanan serta keamanan berupa Smart key dan Alarm dalam menemani aktivitas sehari-hari. Foto: Grandyos Zafna

Edhi menegaskan, ketika ada maling yang mau mencuri Honda BeAT baru dengan menggotongnya, maka G-Sensor tersebut akan mengirimkan perintah untuk membunyikan suara alarm.

“Kalau digotong, bunyi. Jadi dari tegak ke miring dan sebaliknya saja, itu bunyi. Apalagi sampai mengubah posisi. Semuanya karena sensor gravitasi di alarm itu,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Tommy Renaldi selaku Technical Training PT AHM menjelaskan, maling di Indonesia selalu punya cara untuk melancarkan aksinya. Namun, sebagai produsen, pihaknya tak mau tinggal dia. Dia berjanji akan terus melakukan improvement demi keamanan dan kenyamanan konsumen.

“Maling terus berimprovisasi. Tapi kami tidak hanya berdiam diri. Kami tetap akan melakukan improvement pada model-model berikutnya biar kustomer motor Honda tetap merasa aman,” kata Tommy.

Honda BeAT baru. Foto: Doc. AHM.

Diketahui, Honda BeAT baru tersedia dalam empat varian, yakni CBS, Street, Deluxe dan Deluxe-Smart Key. Namun, Deluxe-Smart Key sebagai varian tertinggi justru tak dibekali alarm. Sebab, varian tersebut sudah punya sistem nirkunci pintar atau smart keyless.

Berbeda dengan motor matik lain, Honda BeAT baru tak punya remote untuk menyalakan alarm. Sebab, alarm di kendaraan itu terpasang langsung di rumah kunci.

Simak Video “Review Honda CB1300 Super Four SP: Motor Impian Banyak Orang!
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/dry)

Membagikan
Exit mobile version