Selasa, Juli 2


Jakarta

Jorge Martin harus menelan pil pahit, pasalnya pebalap Ducati Prima Pramac Racing itu terkena pinalti turun tiga grid saat start balapan utama MotoGP Belanda 2024. Duh, apa sebabnya?

Francesco Bagnaia meraih posisi terdepan di Sirkuit Assen, Belanda. Pecco selalu mendominasi dari sesi kualifikasi hingga menang di sprint race. Posisi start kedua dipegang Jorge Martin, tapi karena mendapat sanksi turun tiga posisi (P) walhasil Martinator harus start dari P5.

FIM Steward Panel memutuskan pelanggaran yang dilakukan Martin terjadi saat sesi kualifikasi dua (Q2).


“Anda [Martin] terlihat berkendara dengan lambat di jalur [dan] mengganggu pebalap lain – #25 [Raul Fernandez] – pada tikungan 2-3,” bunyi pernyataan FIM.

“Ini bertentangan dengan instruksi khusus yang diberikan kepada kompetitor dan tim MotoGP [mengenai] mengganggu sesi, dan dianggap tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, hal ini merupakan pelanggaran Pasal 1.21.2 peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM,” tambah dokumen tersebut.

“Untuk alasan di atas, FIM MotoGP Stewards Panel telah menjatuhkan penalti tiga posisi grid untuk balapan MotoGP Motul TT Assen.”

Kala itu Martin melewati tikungan pembuka di Assen sambil memberi isyarat kepada rivalnya yang mencoba mengikutinya selama sesi kualifikasi. Martin dianggap melambatkan motor sehingga dinilai mengganggu laju pebalap Trackhouse Aprilia Fernandez.

Dikutip The Race, Martin melaju dengan cepat di dua tikungan awal di Assen sambil menunjuk-nunjuk ke arah para pesaingnya yang mencoba mengikutinya untuk mendapatkan posisi terdepan selama sesi Q2 berlangung, namun Martin nyaris bersenggolan dengan pembalap Trackhouse Aprilia, Fernandez,

Martin akan turun dari grid kedua ke posisi kelima, Maverick Vinales maju ke posisi kedua, Alex Marquez ke baris depan di posisi ketiga, dan Aleix Espargaro ke posisi keempat.

Ini merupakan pelanggaran pertama bagi Martin di musim ini, hukuman yang dijatuhkan masih tergolong ringan.

Sanksi itu dijatuhkan setelahSprint Raceselesai digelar. Jadi Martin masih menikmatistartdari posisi kedua hingga bertahan selama 13 lap. Dia hanya kalah dari pesaing utamanya, Bagnaia.

Di sisi lain, hukuman ini menjadi pukulan bagi Martin yang kini tengah bersaing dengan Bagnaia dalam perebutan puncak klasemen sementara MotoGP. Martin kini hanya berjarak 15 poin dari Bagnaia di kejuaraan setelah balapan sprint di Assen.

(riar/lua)

Membagikan
Exit mobile version