Rabu, September 25

Jakarta

Berbeda dengan kafe modern, beberapa kedai kopi tertua di dunia ini tampil mewah. Punya racikan kopi yang terkenal enak sejak ratusan tahun lamanya.

Menysuri jejak kemunculan kedai kopi memang cukup panjang, apalagi sekarang industri kopi sudah semakin modern dan berkembang pesat. Banyak kafe modern hingga tempat ngopi kekinian yang menawarkan kopi dengan ciri khas mereka tersendiri.

Tapi jika dilihat sejarahnya, ada perjalanan panjang munculnya budaya ngopi di kafe. Budaya ngopi ini sudah ada sejak zaman Kesultanan Ottoman tepatnya di abad 16. Kemudian bermunculan kedai kopi di berbagai negara yang jadi tempat banyak orang menciptakan ide hingga membicarakan revolusi.


Ratusan tahun berselang, sampai sekarang masih ada beberapa kedai kopi kuno yang bertahan bahkan usianya menyentuh ratusan tahun. Tentunya kedai-kedai kopi tertua di dunia punya racikan kopi yang enak.

Berikut lima kedai kopi tertua di dunia yang memiliki racikan kopi enak.

1. Killiney Kopitiam

Berusia Ratusan Tahun, 5 Kedai Kopi Kuno Ini Punya Kopi Enak Foto: Site News

Sebelum memiliki cabang di berbagai negara, Killiney Kopitiam merupakan kedai kopi tradisional asal Singapura. Letaknya ada di jalanan Killiney yang masih eksis hingga sekarang.

Menurut catatan sejarah yang ada Killiney Kopitiam pertama kali berdiri di tahun 1919. Usianya sudah mencapai 105 tahun. Menu andalannya ada kopi panas dengan kaya toast.

Tak ketinggalan telur rebus setengah matang yang sudah ikonik. Banyak orang yang masih datang ke kedai Killiney pertama di Singapura ini. Suasananya tetap klasik dan rasa kopinya tetap autentik.

2. Confeitaria Colombo

Berusia Ratusan Tahun, 5 Kedai Kopi Kuno Ini Punya Kopi Enak Foto: Site News

Terletak di Rio de Janeiro, Brazil, kedai kopi Confeitaria Colombo masuk ke dalam jajaran kedai kopi tertua di dunia. Tempat ini berdiri sejak 1894 dan masih eksis hingga sekarang.

Selama lebih dari 130 tahun, kedai kopi ini terus dipenuhi pengunjung dari berbagai dunia untuk ngopi di sini. Minuman andalannya ada cappuccino yang klasik.

Dengan interior yang elegan, Confeitaria Colombo sempat dikunjungi Ratu Elizabeth untuk ngopi di sana. Tak hanya kopinya yang enak, aneka kue dengan tampilan cantik juga jadi menu wajib di sini.

3. Cafe De La Pix

Berusia Ratusan Tahun, 5 Kedai Kopi Kuno Ini Punya Kopi Enak Foto: Site News

Terakhir ada Cafe De La Pix di Paris yang buka sejak tahun 1862 dan masih berdiri kokoh dengan interior mewah dan glamournya. Selama 162 tahun berdiri, kafe ini bisa dibilang menjadi tujuan para turis yang berlibur ke Paris.

Kafe ini dibangun pada masa pemerintahan Napoleon III sehingga para pengunjung bisa melihat sisa-sisa sejarah Paris kuno. Salah satu menu kopi yang jadi andalan di sini ada cafe au lait, tapi ada juga beberapa menu kopi lainnya yang tak kalah enak.

Simak Video “Video: Bersantai Ditemani Kopi Susu Anggur di Majalengka
[Gambas:Video 20detik]

Membagikan
Exit mobile version