Rabu, Oktober 2


Jakarta

Salah satu maskapai tertua di dunia, Czech Airlines, akan menutup seluruh layanannya alias gulung tikar pada Oktober 2024 ini. Padahal maskapai berusia 101 tahun ini pernah menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Eropa Timur.

Melansir dari outlet berita news.com.au, Rabu (2/10/2024), penutupan operasional maskapai ini dilakukan akibat menurunnya jumlah penumpang dari tahun ke tahun, kalah saing dengan maskapai penerbangan berbiaya rendah hingga pandemi Covid-19.

Hingga saat ini Czech Airlines dilaporkan hanya mengoperasikan dua rute penerbangan, yaitu ke Paris dan Madrid dari Bandara Václav Havel di Praha. Maskapai ini memiliki dua pesawat Airbus A320-200.


Rencananya salah satu maskapai tertua di dunia ini akan melakukan penerbangan terakhir mereka ke Paris pada 28 Oktober nanti, menandai berakhirnya operasinya secara resmi. Setelah itu operasional akan diambil alih oleh maskapai penerbangan Ceko lainnya, Smartwings.

“Maskapai ini telah mengonfirmasi bahwa operasinya akan ditutup pada tanggal 28 Oktober dan akan diambil alih oleh maskapai penerbangan Ceko lainnya, Smartwings,” tulis news dalam laporannya.

Sebagai informasi, Czech Airlines adalah maskapai tertua kelima di dunia setelah KLM dari Belanda (1919), Avianca dari Kolombia (1919), Qantas dari Australia (1920), dan Aeroflot dari Rusia (1923). Penerbangan reguler pertama maskapai ini berlangsung pada 29 Oktober 1923, saat Czechoslovak State Airlines menjadi nama resminya.

Pada awal pengoperasian, maskapai ini berperan dalam menghubungkan Praha ke Bratislava dengan rute internasional lainnya ke Paris, Berlin, hingga Moskow. Selama Perang Dunia II, maskapai ini menghentikan operasinya namun dengan segera kembali membuka layanan setelah perang berakhir.

Pasca perang, maskapai ini terus memperluas jaringan rutenya dengan berbagai penerbangan ke Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Hingga Pada 1980-an, maskapai ini berhasil menjadi salah satu maskapai penerbangan terbesar di Eropa Timur dan melayani lebih dari 50 tujuan.

Sementara itu, maskapai Smartwings yang akan mengambil alih semua operasional Czech Airlines adalah maskapai terbesar di Republik Ceko saat ini dengan penerbangan reguler ke lebih dari 80 tujuan. Meskipun berkantor pusat di Praha, maskapai ini juga beroperasi di Slowakia, Polandia, dan Hungaria.

Simak juga Video ‘Ada Maskapai Baru di Tanah Air, BBN Airlines Indonesia’:

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/fdl)

Membagikan
Exit mobile version