Senin, Juli 1


Jakarta

Banyak toko roti di daerah-daerah Indonesia tergolong legendaris karena sudah berdiri sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu. Sampai sekarang, toko roti ini masih terus digemari dan dicari menunya.

Menjadi makanan pokok populer selain nasi, roti juga banyak dikonsumsi di Indonesia. Keberadaan roti sebagai makanan konsumsi sehari-hari tercermin dari kehadiran toko-toko roti sejak zaman dulu.

Toko roti atau bakery yang disebut ‘jadul’ itu biasanya punya ciri khas yang masih dipertahankan sampai sekarang. Misalnya dekorasi toko yang tetap dibuat klasik hingga proses pembuatan rotinya masih memakai metode tradisional.


Kisah toko-toko roti legendaris ini kerap viral setelah diunggah ke media sosial. Siapa sangka, banyak toko roti jadul di Indonesia sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu dan bahkan ada yang sudah mencapai 100 tahun.

Toko roti tertua di Indonesia itu adalah Toko Roti Go di Purwokerto, Jawa Tengah. Toko Roti Go didirikan tahun 1898 oleh pasangan suami istri keturunan Tionghoa.

Foto: Istimewa

Berdiri sejak masa kolonial Belanda membuat toko roti legendaris ini banyak melewati masa sulit. Namun hebatnya, Toko Roti Go masih bertahan sampai sekarang. Resep rotinya masih dibuat dengan alat tradisional.

Lalu di Semarang ada Sanitas Bakery yang juga berusia lebih dari 100 tahun karena didirikan tahun 1920. Berlokasi di Jalan MT Haryono Nomor 543-545, Sanitas Bakery masih menggunakan resep kuno andalan mereka.

Roti yang jadi favorit pelanggan antara lain roti sobek, roti kismis bentuk setengah lingkaran, dan aneka jajanan pasar. Tak heran jika ke Semarang, banyak pencinta roti sempatkan ke sini.

Sementara di Jakarta, kamu juga bisa menemukan toko roti legendaris berusia puluhan tahun. Salah satunya Toko Roti Tegal di Jalan Matraman Raya Nomor 68.

Sejak 1968, toko roti ini melayani pembelinya. Kesan klasik dari tokonya masih dipertahankan sampai sekarang oleh pengelolanya yang merupakan generasi ketiga.

Toko Roti Tegal: toko roti legendaris sejak 1968 yang tawarkan aneka roti jadul.Foto: detikFood/Yenny Mustika Sari

Semua roti di sini masih dibuat menggunakan teknik jadul. Misalnya tidak memakai oven listrik, tetapi oven gas. Hasilnya, roti memiliki ciri khas seperti tekstur yang tak mudah kempes dan tak begitu lembut.

Menu andalan di Toko Roti Tegal antara lain roti isi cokelat, roti nanas, dan croissant. Lalu ada juga roti gurih seperti isi daging ayam dan daging sapi. Harganya mulai dari Rp 7 ribu per buah.

Masih di Jakarta, kamu bisa menemukan Elisa Bakery yang kembali viral belakangan ini karena disebut-sebut punya roti jadul nan enak. Toko roti di Jalan Pejagalan III Nomor 5, Tambora ini berdiri sejak 1978.

Foto: detikcom

Elisa Bakery awalnya hanya menawarkan 2 varian rasa roti, tapi kini jumlahnya mencapai 36. Ada cokelat, keju, pisang cokelat keju, Nutella, Ovomaltine, durian, hingga varian gurih seperti bakso ayam telur asin. Harganya dibanderol mulai Rp 8.000.

Roti manis kuno di sini memiliki tampilan yang padat dan gemuk. Namun saat digigit, teksturnya sangat lembut dan halus, serta tidak lengket. Isiannya pun royal sehingga memuaskan selera.

Masih banyak cerita menarik soal toko-toko roti legendaris di Indonesia yang akan detikfood suguhkan dalam ulasan pekan ini. Kamu bisa melihat daftar artikelnya DI SINI.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version