Rabu, Oktober 9


Jakarta

Seorang wisatawan tajir memberi tip kepada layanan di restoran senilai jutaan rupiah. Eh, ternyata tip itu dinilai kurang sampai-sampai dia dikejar si pelayan.

Melansir Daily Star, Selasa (8/10/2024), wisatawan yang tidak disebutkan namanya itu berasal dari Italia. Dia makan di restoran mewah di French Riviera, Cote d’Azur, Prancis. Kawasan itu dikenal memiliki panorama yang begitu menawan dan restoran-restoran mewah.

Setelah makan, dia memberi tip kepada pelayan sebesar 513 euro atau sekitar Rp 8,8 juta. Namun, saat ia meninggalkan restoran dan menuju tempat parkir, ada pelayan yang mengejarnya.


Sang pelayan itu memberi tahu bahwa uang tipnya tidak cukup. Dia bersikeras bahwa pengunjung harus memberikan uang tip minimum sebesar 1.000 euro atau sekitar Rp 17,4 juta.

“(Dia) mengira telah bermurah hati dengan menyisakan 500 euro, namun malah ditegur,” kata rekan si traveler itu, Nice Matin, kepada French Journal.

Ia menjelaskan bahwa sang pelayan masih berusaha untuk mendapatkan tip sekitar 1.000 euro atau paling tidak 80 persen dari angka tersebut.

Bikin Kapok Turis

French Riviera, yang memang dikenal sebagai kawasan hangout untuk kalangan atas, memang sering kali dilaporkan bikin keki wisatawan. Restoran di sana meminta tip terlalu berlebihan, bahkan membuat mereka yang tajir pun berpikir dua kali untuk singgah.

Express melaporkan bahwa wisatawan lain mendapati pengunjung dipalak sekitar 1.500 euro atau sekitar Rp 30,8 juta per kepala untuk menikmati makanan di sana.

Sama seperti turis Italia tersebut, wisatawan tersebut pun bersumpah untuk tidak berkunjung kembali ke tempat tersebut.

Menurut beberapa sumber, dilaporkan bahwa staf restoran melayani pelanggan dari penampilannya. Bukan rahasia lagi restoran-restoran setempat telah membuat daftar hitam bagi para tamu yang pelit.

(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version