Selasa, Oktober 1


Jakarta

Dibanderol Rp 1,8 juta per kilogram, beras di Jepang ini mendapat rekor sebagai beras termahal di dunia. Ini keistimewaannya!

Beras merupakan makanan pokok yang paling umum di dunia. Setiap negara bahkan memiliki karakteristik beras tersendiri, seperti di Jepang yang terkenal pulen dan harum.

Menariknya lagi, di negeri sakura tersebut ada beras diklaim sebagai beras termahal di dunia. Bernama Kinmemai Premium yang harganya mencapai Rp 1,8 juta per kilogram.


Beras tersebut dihasilkan oleh perusahaan bernama Toyo Rice Corporation di Jepang. Perusahaan itu memang berfokus pada pengembangan benih padi berkualitas tinggi.

Beras Jepang ilustrasi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Rawpixel

Dikutip dari Oddity Central (25/09/24), Kinmemai Premium merupakan campuran biji-bijian pilihan dari lima varietas beras Jepang yang dikenal berkualitas tinggi.

Beras ini pun mendapat rekor Guinness World Records sebagai beras termahal di dunia sejak 2016 lalu. Butiran berasnya terlihat seperti berlian kecil yang berkilau.

Itu berkat proses pemolesan untuk menghilangkan lapisan lilin yang tidak dimakan. Teknologi canggih tersebut telah dipatenkan oleh perusahaan.

Mengingat Toyo Rice Corporation sebelumnya terkenal karena berhasil menciptakan mesin penggiling beras yang dapat memisahkan batu yang sering ada dalam butiran beras.

beras termahal di dunia Foto: Lusiana Mustinda/detikFood

Kandungan nilai gizinya pun lebih unggul dibandingkan beras konvensional. Beras ini mengandung lipopolisakarida (LPS) 6 kali lebih banyak.

Kandungan tersebut dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan dan melawat penyakit. Selain itu, kandungan seratnya juga tinggi.

Terdapat serat 1,8 kali lebih banyak dan vitamin B1 tujuh kali lebih banyak. Sementara dalam 100 gram biasa hanya terdapat 0.6 gram serat dan 0,58 mg vitamin B1.

Menariknya lagi, beras ini tidak perlu dicuci sebelum dimasak. Berasnya sudah bersih dan putih, serta memiliki aroma khas dan rasa yang cenderung manis.

Kinmemai Premium ini dijual dalam kemasan 140 gram dengan harga sekitar Rp 1,8 juta per kilogramnya. Berasnya dapat dibeli secara online melalui website resmi www.kinmemai.com.

Awalnya hanya tersedia untuk pasar Jepang, Kinmemai Premium kini juga dijual di Singapura. Nasi ini tidak cocok untuk sushi, karena tidak mengandung pati yang dibutuhkan.

Beras premium ini akan lebih cocok dinikmati untuk masakan Jepang sederhana, ochazuke dan Tamago kake gohan.

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version