Senin, September 30


Jakarta

Lexus coba menggoda anak orang Indonesia dengan LBX berteknologi hybrid. Seberapa banyak orang kaya yang kepincut mobil termurah di keluarga Lexus itu?

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 dimanfaatkan Lexus untuk merilis mobil termurahnya, LBX. Lexus LBX merupakan mobil ramah lingkungan yang sudah mengusung teknologi hybrid. Menariknya, Lexus LBX ini menyasar konsumen yang doyan nyetir sendiri.

Sebagai awalan, Lexus bakal menawarkan LBX ke kalangan anak orang kaya yang mencari mobil kompak dengan rasa premium.


“Kalau customer Lexus kan kita mulai dari yang mahal kan, LS, LX kita mulai duluan, kalau kita bilangnya mobil bapak-bapak lah. Nah anak-anaknya nggak ada option, nah ini dulu kita tawarkan so far ini masih berjalan,” kata General Manager Lexus Indonesia Bansar Maduma belum lama ini.

Lalu seberapa laris mobil termurah Lexus dengan banderol mulai Rp 895 juta itu? Mengutip data penjualan wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada periode Juli-Agustus 2024, Lexus mendistribusikan 15 unit LBX. Paling banyak pada model Lexus LBX Sport dengan total 9 unit sedangkan Lexus LBX Luxury distribusinya 6 unit.

Melihat dari sisi harga, Lexus LBX memang menyasar kalangan menengah ke atas. Di segmen ini, jelas konsumennya memang tak sebanyak mobil dengan banderol Rp 200-300 jutaan.

Spesifikasi Lexus LBX

Soal spesifikasi, Lexus LBX memiliki dimensi panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.560 mm, dan jarak sumbu roda 2.580 mm. Lexus LBX menggendong mesin tipe M15A-FXE, 3 silinder dengan teknologi hybrid. Mobil bisa menyemburkan tenaga 134 daya kuda dan torsi maksimal 120 Nm. Sementara torsi dari motor listrik 185 Nm.

Mobil ini bisa melaju hingga kecepatan maksimal 170 km/jam. Tenaganya disalurkan melalui penggerak roda depan. Transmisinya mengusung hybrid transaxle dan sudah mengusung electronic power steering.

Lexus LBX merupakan mobil pertama Lexus yang dijual di bawah Rp 1 miliar. Mobil berukuran kompak ini dibanderol Rp 895 jutaan untuk varian Luxury dan Rp 899 jutaan untuk versi Sport.

(dry/din)

Membagikan
Exit mobile version