Rabu, Oktober 2

Jakarta

Manusia pertama di Bumi selalu menjadi topik pembicaraan yang menarik. Mulai dari ciri fisiknya hingga lingkungan bagaimana dia hidup kerap mengundang rasa penasaran khalayak luas.

Dr Ali Akbar SS., MHum, Pakar Arkeologi Universitas Indonesia dalam acara Eureka! ‘Manusia Pertama di Bumi’, Senin (25/3/2024) mengatakan bahwa manusia pertama hidup sekitar 6.000 tahun yang lalu. Saat itu, kondisi flora dan fauna sudah sangat beragam.

“Pokoknya kalau bicara dinosaurus itu, itu kan ratusan juta tahun ya, sampai dua ratusan juta. Tapi sebelum dinosaurus itu sudah ada tumbuhan, sudah ada hewan,” ujar Dr Ali Akbar yang akrab disapa dengan Abe.


Setelah sebagian dinosaurus punah, masih ada hewan dan tumbuhan yang tetap ada. Dengan demikian, lingkungan manusia pertama di Bumi bisa dibilang hampir sama dengan sekarang. Bedanya, lingkungannya masih lebih asri karena tidak tercemar.

“Lalu ada yang namanya peristiwa biologi seperti gunung meletus, lempeng bumi, segala macam. Tapi, kalau kita bicara 30.000-an tahun, relatif stabil. Kondisinya sudah mirip dengan sekarang,” ujar penulis buku ‘Asal Usul Manusia Pertama di Bumi’ tersebut.

“Memang ada naik turun air laut, peristiwa glacial. Kadang bumi dingin banget, terkadang suhu mulai hangat jadi air menggenangi daratan-daratan. Itu terjadi beberapa kali. Tapi kalau kita bicara secara umum, kondisinya kurang lebih kayak sekarang,” tandasnya.

Simak Video “Manusia Pertama di Bumi
[Gambas:Video 20detik]

(ask/ask)

Membagikan
Exit mobile version