Kamis, Oktober 10


Jakarta

Ubi bisa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar. Agar teksturnya lembut dan matang merata, ikuti cara memanggang ubi yang tepat.

Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang populer dan biasanya dikonsumsi sebagai asupan karbohidrat. Ubi jalar ini bisa dinikmati dengan cara direbus, digoreng maupun dipanggang.

Cara memanggang ubi sebenarnya sangat mudah. Kamu bisa menggunakan bantuan oven maupun langsung dibakar di atas bara api. Ubi ini bisa dinikmati ketika teksturnya sudah melunak, rasanya manis lembut.


Dilansir dari Mashed (5/10), menurut chef Robbie Shoults, cara memanggang ubi tak berbeda dengan kentang. “Caranya dapat dilakukan seperti kentang biasa,” ujar Shoults.

Prosesnya dimulai dengan membersihkan ubi jalar itu. Pastikan untuk mencuci dan menggosok kulit ubi jalar hingga bersih benar.

Ubi jalar harus dibersihkan agar sisa kotoran dapat hilang, biasanya masih ada tanah yang menempel atau kotoran dari air pencucinya. Setelah dibersihkan, bungkus ubi jalar dengan kertas alumunium. Jenis kertas itu digunakan karena dapat menahan panas di dalam dan membuat tekstur ubi jadi lembek atau lunak.

cara memanggang ubi jalar Foto: Getty Images/iStockphoto

Penggunaan alumunium foil ini juga dapat membuat ubi jalar lebih lembap. Karena melindungi ubi agar tidak mengering dan suhu panggangan lebih panas.

Jika memanggang ubi menggunakan bisa dipakai oven dengan termometer, Shoults menyarankan untuk menyetelnya ke suhu 204 derajat Celcius. selama 45 menit hingga 1 jam. Jangan memanggang ubi langsung di atas api.

cara memanggang ubi jalar Foto: Getty Images/iStockphoto

Ubi jalar juga dapat ditambahkan bumbu atau bahan lainnya.Bisa dibumbui dengan bawang putih, paprika, dan merica. Kamu juga bisa menamah rasa legit ubi dengan menaburkan gula kayu manis atau menyajikannya dengan marshmallow.

(yms/odi)

Membagikan
Exit mobile version