Selasa, Oktober 8

Jakarta

Wastafel yang tersumbat seringkali menambah keribetan di dapur. Agar masalah ini tidak terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan 5 cara mudah ini.

Wastafel di dapur menjadi area utama untuk membersihkan alat masak dan alat makan yang kotor. Sisa-sisa makanan atau ampas dari makanan akan jatuh ke area lubang wastafel. Hal ini sering membuat lubang wastafel menjadi penuh dan terkadang tersumbat.

Tak hanya menyumbat saluran air, tetapi gumpalan sisa kotoran itu perlahan bisa mengeluarkan bau yang tak sedap. Berikut 5 cara murah untuk mengatasi wastafel dapur yang tersumbat, seperti dilansir dari Food NDTV (09/02/2024):


1. Pakai air mendidih

Air mendidih dapat membantu mengatasi masalah penyumpatan di wastafel dapur. Foto: Getty Images/iStockphoto/zoom-zoom

Salah satu solusi paling sederhana dan efektif yaitu menggunakan air mendidih. Air mendidih efektif membuka sumbatan wastafel dapur.

Cara pertama, rebus air dalam ketel atau panci. Setelah mendidih, tuangkan air dengan hati-hati ke saluran pembuangan dalam dua atau tiga tahapan. Biarkan air bekerja dengan baik di antara setiap ruangan.

Air panas dapat membantu melarutkan minyak, buih sabun, dan kotoran lain yang memicu penyumbatan.

2. Kombinasi baking soda dan cuka

Campuran baking soda dan cuka juga bisa digunakan untuk atasi masalah ini. Foto: Getty Images/iStockphoto/ossphotostock

Kombinasi klasik soda dan cuka juga efektif dalam hal membersihkan dan membuka sumbatan.

Mulailah dengan menuangkan setengah cangkir soda kue ke saluran pembuangan. Lanjutkan dengan menuangkan cuka dalam jumlah yang sama.

Kamu akan mendengar suara mendesis saat kedua bahan beraksi. Diamkan campuran tersebut sekitar 15 menit untuk memecah sumbatan, lalu bilas dengan air panas.

Cara mudah lain yang bisa membantu atasi wastafel tersumbat, bisa dilihat pada halaman selanjutnya!

Membagikan
Exit mobile version