Minggu, Maret 16


Jakarta

Penjualan antara Kijang Innova Zenix dan Innova Reborn hanya berbeda tipis. Selisih penjualan keduanya terpaut 150 unit. Zenix tercatat lebih unggul.

Kijang Innova belum tergusur dari posisi mobil terlaris di Indonesia periode Februari 2025. Berdasarkan data wholesales yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Kijang Innova masih menjadi raja otomotif Indonesia.

Gabungan penjualan Toyota Kijang Innova Reborn dan Zenix menjadi mobil paling laris di Indonesia bulan lalu. Totalnya, Toyota Kijang Innova terjual sebanyak 6.008 unit.


Dari total penjualan itu, Innova Zenix masih jadi kontributor terbesar. Namun bila diperhatikan, beda penjualannya dengan Innova Reborn sangat tipis. Distribusi Innova Reborn tercatat sebanyak 2.929 unit, sementara Innova Zenix 3.079 unit. Selisih penjualan keduanya hanya 150 unit.

Beda Konsumen Innova Zenix dan Innova Reborn

Pembeli Kijang Innova Zenix dan Reborn memang berbeda dari sisi wilayah. Pihak Toyota menuturkan pembeli Innova Zenix kebanyakan berada di wilayah Pulau Jawa sedangkan Innova Reborn sebaliknya. Sebab, konsumen Innova Reborn lebih mementingkan fungsional kendaraan tersebut. Tak cuma itu, berbagai medan jalan juga dengan mudah dilibas Innova Reborn.

Soal konsumennya, Innova Reborn kini banyak digunakan oleh kalangan perusahaan ataupun rental. Sementara Innova Zenix, kebanyakan dipinang konsumen retail yang mengutamakan mesin bensin dan juga teknologi hybrid.

Dari sisi spesifikasi, Kijang Innova Zenix versi bensin mengusung mesin 2.000 cc berkode M20A-FKS Dynamic Force Engine. Mesin berkapasitas 1.987 cc empat silinder dual VVT-i ini menghasilkan tenaga hingga 174 PS pada 6.600 rpm dengan torsi maksimal 204,9 Nm. Sementara varian hybrid menggabungkan mesin TNGA 2.000 cc M20A-FXS (152 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 187,3 Nm pada 4.400-5.200 rpm) dengan motor listrik berdaya 113 PS dan torsi 205,9 Nm. Hasilnya, tenaga gabungan mencapai 186 PS.

Sementara itu, Toyota Kijang Innova Reborn diesel dilengkapi dengan mesin berkode 2GD FTV dengan empat silinder segaris 16 katup DOHC dengan VNT Intercooler. Mesin diesel Innova berkapasitas 2.393 cc. Tenaga maksimalnya mencapai 149 PS pada 3.400 rpm dengan torsi maksimal 342,2 Nm yang tersedia pada rentang 1.200-2.800 rpm.

Sedangkan Innova bensin hadir dengan mesin berkode 1TR-FE empat silinder segaris 16 katup DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Tenaga maksimal mesin bensin itu mencapai 139 PS pada 5.600 rpm dengan torsi maksimal 183,3 Nm pada 4.000 rpm.

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version