Senin, September 30


Jakarta

Kijang Innova Reborn berbahan bakar bensin masih dijual berdampingan dengan Innova Zenix. Dengan selisih harga Rp 46 jutaan, lebih pilih Innova Reborn bensin atau Innova Zenix?

Kijang Innova masih menjadi salah satu MPV terfavorit di Tanah Air. Tidak heran kalau Kijang Innova sering menghuni daftar mobil terlaris di Indonesia setiap bulannya. Dari sisi model, Kijang Innova juga kini makin beragam. Bahkan sudah tersaji versi hybridnya.

Kijang Innova Zenix. Foto: Rifkianto Nugroho

Meski sudah mengeluarkan model terbaru, nyatanya Toyota masih menjual Innova versi lawas. Keduanya dijual secara bersamaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. Peminatnya pun masih ada. Menariknya, perbedaan harga antara keduanya juga cukup signifikan. Kijang Innova bensin dibanderol Rp 384,1 juta sementara Innova Zenix mulai Rp 430,4 juta. Selisihnya sekitar Rp 46 jutaan. Kalau disuruh memilih di antara dua model itu, mana yang kamu pilih?


Dari sisi tampilan, mesin, dan fitur keduanya jelas sudah berbeda. Sebagai model terbaru, Innova Zenix tampil lebih segar. Berikut detikOto uraikan perbedaannya.

Dimensi

Dari sisi dimensi, Kijang Innova Reborn memiliki panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, dan tinggi 1.795 mm. Sedangkan Innova Zenix ukurannya sedikit lebih besar dengan panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm.

Mesin

Kijang Innova lawas menggendong mesin berkode 1TR-FE Dual VVT-i berkapasitas 1.998 cc. Mesin itu bisa menyemburkan tenaga 139 PS pada 5.600 rpm dan torsi 18,7 kg.m pada putaran 4.000 rpm. Mesin di pasangkan dengan transmisi manual lima percepatan.

Innova Zenix mengusung mesin M20A-FKS Dual VVT-i yang berkapasitas 1.987 cc. Berkat mesin itu, Innova Zenix bensin ini bisa mengeluarkan tenaga 174 PS pada 6.600 rpm dan torsi 20,9 kg.m pada rentang rpm 4.500-4.900. Nah, untuk transmisi keseluruhan Innova Zenix sudah mengusung CVT.

Fitur

Bicara fitur, secara keseluruhan karena ini varian terendah, perbedaan tak signifikan. Di varian terendahnya ini, Innova Zenix bensin sudah punya dua SRS Airbag di depan. Mobil juga sudah dilengkapi dengan sensor parkir, vehicle stability control, hill start assist, kamera parkir, Isofix +Tether, dan Immobilizer.

Bagaimana dengan Kijang Innova Reborn? Mobil itu telah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS+EBD, tiga SRS airbag (2 depan, 1 kaki pengendara), vehicle stability control, hill start assist control, dan emergency brake signal.

Itu tadi perbedaan antara dua varian terendah Kijang Innova Reborn dan Innova Zenix. Kamu lebih pilih yang mana nih?

(dry/rgr)

Membagikan
Exit mobile version