Rabu, Oktober 23


Jakarta

Nama Garuda kembali dipakai untuk mobil buatan Indonesia. Kali ini, mobil kepresidenan Prabowo Subianto menggunakan nama Garuda, tepatnya MV3 Garuda Limousine.

MV3 Garuda Limousine merupakan SUV buatan PT Pindad yang dirancang khusus untuk kendaraan kepresidenan. MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI. Mobil ini berwarna putih dengan tampilan eksklusif dan maskulin yang memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas dan fitur-fitur mutakhir.

MV3 Garuda kendaraan Presiden Subianto dan Wakil Presiden RI terpilih Prabowo-Gibran Foto: Dok Instargram PT Pindad

Soal dapur pacunya, Pindad hanya merilis bahwa mobil ini memiliki tenaga mesin 202 PS atau 199 HP disertai transmisi AT dengan 8 percepatan. MV3 Garuda Limousine diklaim bisa berlari hingga 100 km/jam.


Untuk keamanan Presiden, MV3 Garuda Limousine dibuat antipeluru. Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi body dengan material composite armor yang memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball & kaliber 5,56 x 45 mm M193, kaca antipeluru level B5/B6, serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Nama Garuda juga pernah muncul sebagai nama salah satu mobil Esemka. Bedanya, mobil berjenis SUV buatan Esemka itu mengusung nama Garuda 1.

Esemka SUV Garuda 1 Foto: Ragil Ajiyanto

Saat peresmian pabrik Esemka di Boyolali pada 2019 lalu, Esemka sempat memamerkan SUV Esemka Garuda 1. Tidak dijelaskan spesifikasi dari Esemka Garuda 1. Sampai sekarang pun mobil Esemka Garuda 1 belum juga diluncurkan.

Nama Esemka Garuda 1 sempat terdaftar dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2019. Pada lampiran peraturan tersebut, tertulis merek Esemka Garuda 1.

Esemka Garuda 1 Foto: Ragil Ajiyanto

Dalam daftar lampiran halaman 22, nama Esemka Garuda 1 masuk ke jenis mobil penumpang Minibus. Dengan nomor koding 10365101001, Esemka Garuda 1 dibekali mesin 2.000 cc. Salah satu perwakilan Esemka menyebut, Esemka Garuda menggunakan mesin diesel 2.000 cc turbo.

Esemka juga sempat pamer kendaraan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 lalu. Saat itu, PT SMK justru meluncurkan mobil komersial bertenaga listrik Bima EV.

Direktur Utama PT SMK Eddy Wiradjaya mengatakan pihaknya belum berencana untuk merilis SUV Garuda ke pasaran.

“Garuda sampai sekarang kami masih hold karena kami melihat pemain SUV itu kan cukup banyak, di existing brand kan cukup banyak, kami juga tidak mau berkompetisi dengan sesuatu yang opportunity-nya kecil,” terang Eddy saat ditemui di IIMS 2023 lalu.

Sementara itu, nama Garuda kini dipakai untuk mobil kepresidenan MV3 Garuda Limousine buatan PT Pindad. Mobil itu mengambil basis dari mobil Maung buatan Pindad. Dari segi tampilan, MV3 Garuda Limousine tampak kekar ala mobil SUV offroad.

(rgr/dry)

Membagikan
Exit mobile version