Sabtu, September 28


Jakarta

Uang Rp 5.000 di berbagai kota dan daerah ternyata masih bisa untuk beli makanan enak. Seperti yang dibagikan oleh netizen di X (Twitter).

Makanan harga Rp 5.000 memang mulai jarang ditemukan di kota-kota besar, terutama di Jakarta dan sekitarnya. Biasanya uang Rp 5.000 hanya bisa untuk beli jajanan seperti gorengan, tahu bulat sampai es teh.

Tapi di beberapa kota, uang Rp 5.000 itu bisa untuk membeli makanan utama seperti ayam geprek, bubur, nasi jagung sampai seblak.


Topik inilah yang dibagikan oleh pengguna X lewat akun @KucengTerbanggg.

Bawa Duit Rp 5 Ribu Bisa Beli Makanan Apa Saja di Berbagai Kota Foto: X/Site

“Buat makan lah (uang Rp 5.000),” tulis @sar***. Ia melampirkan foto berisi penjual ayam geprek kaki lima di kawasan Piranha Atas, Malang, Jawa Timur. Menu yang ditawarkan ada ayam geprek tanpa tulang, nasi putih dan sambal seharga Rp 5.000 saja.

Kemudian netizen asal Bali, @arga*** menjabarkan bahan makanan yang murah meriah di sekitar Canggu cocok untuk anak kosan.

“Di Canggu, Bali, satu papan tempe dan satu iket bayam harga Rp 2.000. Daun bawang cuma Rp 1.000. Tahu putih isi empat harga Rp 2.000. Buncis atau pokchoy sebungkusnya cuma Rp 3.000. Ini beli di penjual sayur keliling kalau di pasar lebih murah,” tulisnya.

Lalu ada @just*** yang menuliskan uang Rp 5.000 bisa jajan apa di Kalimantan Timur. Padahal Kalimantan terkenal dengan harga makanannya yang lebih tinggi dibandingkan kota-kota di Pulau Jawa.

Jajan pentol Foto: Detikfood/Rahmad Hidayatollah

“Di Kalimantan Timur, uang Rp 5.000 bisa dapat pentol gede 3-4 biji. Bisa beli kue manis kayak bolu dapat 4, lalu bisa jajan risol dan lumpia kira-kira dapet 3,” pungkasnya.

Beda halnya dengan netizen dari Wonogiri yaitu @kart***, ia menyebutkan bahwa dengan uang Rp 5.000 sudah bisa makan kenyang menu pecel dua bungkus dan segelas jamu.

Ada juga netizen yang bagikan uang Rp 5.000 sudah bisa makan Nasi Jagung atau Ampok khas Blitar. Bahkan masih kembalian Rp 1.000. Menu makanan murah meriah ini dilengkapi dengan sayuran, rempeyek hingga kuah gulai yang sedap.

Bawa Duit Rp 5 Ribu Bisa Beli Makanan Apa Saja di Berbagai Kota Foto: X/Site

Sebelumnya di Ciamis, ada satu warung makan spesial yang menarik perhatian. Warung Makan Bismillah 5000 ini hanya mematok harga Rp 5.000 untuk sepiring nasi dan lauk pauk.

Lauk yang disajikan layaknya lauk di warung nasi lainnya, ada balado kentang, capcay, telur, orek tempe ikan asin sampai gorengan.

Baca Juga: Cari Berkah! Warung Ini Hanya Patok Harga Rp 5 Ribu untuk Menunya” selengkapnya

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version