Kamis, Oktober 10


Jakarta

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan siap mencium tangan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan minta maaf apabila ada anak buahnya berani menyelewengkan uang negara.

Basuki mengaku selamam ini mewanti-wanti kepada para pegawai Kementerian PUPR tidak main-main dengan uang negara. Apalagi tugas Kementerian PUPR membelanjakan uang negara.

Berbeda dengan Kementerian Keuangan yang bertanggung jawab mencari sumber-sumber keuangan.


“Tugas PUPR membelanjakan, nggak ada yang lain. Jadi kalau kita membelanjakan dengan semberono saya malu dengan Menteri Keuangan (Sri Mulyani) yang susah payah mengumpulkan,” ujar Basuki, dalam acara Serah Terima Barang Milik Negara (BMN) Kementerian PUPR, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Basuki menegaskan, kalau sampai ada anak buahnya yang melakukan penyelewengan dan bermain-main dengan uang negara, ia akan langsung meminta maaf ke Sri Mulyani. Bahkan bila perlu, hingga mencium tangannya.

“Jadi kalau ada penyelewengan pasti yang pertama saya datangi beliau dan saya cium tangan minta maaf. Itu yang selalu saya sampaikan,” ujar dia.

Kementerian PUPR dalam 10 tahun terakhir telah mengelola uang negara hingga mencapai Rp 1.000 triliun. Menurutnya, jumlah tersebut sangatlah besar, apalagi mengingat tanggung jawabnya dalam pembangunan nasional.

“Kalau saya dengan teman-teman insan PUPR, saya selalu bilang, awas jangan main-main! Tugas PU hanya membelanjakan uang negara, tugas ibu Menteri Keuangan mencari uang negara,” tegasnya.

Merespons pernyataan Basuki, Sri Mulyani mengatakan bahwa Basuki merupakan sosok menteri yang baik dalam membelanjakan uang negara. Menurutnya, hal tersebut pun sulit untuk dilakukan.

“Karena memang belanja tuh susah. Belanja yang baik seperti Pak Bas,” ujar Sri Mulyani.

Selain itu, Sri Mulyani juga merespons pernyataan Basuki yang berjanji akan mencium tangannya bila ada anak buah yang semberono. Katanya, Basuki tidak pernah mencium tangan Sri Mulyani.

“Pak Bas cium tangannya sendiri sih, nggak pernah cium tangan saya,” canda Sri Mulyani.

(shc/hns)

Membagikan
Exit mobile version