Senin, September 30


Jakarta

Sirkuit Mandalika masih angker buat Marc Marquez. Sehari setelah meraih podium di sprint race MotoGP Mandalika 2024, Marquez gagal finis lagi di balapan utama.

Marc Marquez menggila di Sprint Race MotoGP Mandalika 2024. Rider Gresini itu melesat start di posisi ke-12 dengan finis di podium ketiga. ‘Kutukannya’ di Mandalika memang pecah saat sesi Sprint Race. Tapi, ‘kutukan’ itu kembali terjadi di balapan utama hari Minggu.

Saat balapan baru berjalan 12 lap, tiba-tiba motor Ducati Desmosedici GP23 mengeluarkan asap. Setelah itu motor Marquez mengeluarkan api dari bagian mesinnya.


Marquez kemudian menepi dan melihat kondisi motornya. Tak lama kemudian dia menjatuhkan motornya dan meminta kru marshal untuk menyemprotnya dengan alat pemadam api ringan.

“Sayangnya mesinnya rusak. Memang benar itu bukan kesalahan kami. Meskipun bukan kesalahan tim kami, tapi ya, terkadang itu terjadi di balapan,” kata Marquez kepada media usai balapan yang juga dihadiri detikOto di Sirkuit Mandalika, kemarin.

“Jadi hari ini kami mengalami masalah itu, tetapi selama akhir pekan perasaannya baik jadi ini yang paling penting,” ucap Marquez.

Sehari sebelumnya di sesi Sprint Race, Marquez tampak semringah bisa finis di posisi ketiga. Dia merayakan posisi podium di Sprint Race bersama penggemarnya di Mandalika.

“Ya, saya merasakan banyak dukungan di sini di Indonesia dan sungguh luar biasa bisa balapan sekali lagi di sini. Setidaknya tahun ini saya bisa merayakannya bersama mereka di podium (saat Sprint Race),” katanya.

“Dan ya, ini luar biasa. Tapi sayangnya, sekali lagi saya tidak bisa finis balapan di Indonesia. Kali ini bukan salah saya, tetapi ya, terima kasih Indonesia dan terima kasih atas dukungannya,” sebutnya.

Gagalnya finis di Mandalika menambah catatan buruk Marquez di MotoGP Indonesia. Pada MotoGP Mandalika 2022, Marquez terjatuh di sesi pemanasan jelang balapan utama. Dia mengalami gegar otak ringan yang membuatnya tak bisa melanjutkan balapan.

Pada tahun 2023, Marquez terjatuh di sesi balapan utama pada pertengahan lap. Sebelumnya, dia juga gagal di sesi Sprint Race karena terjatuh saat belum menyelesaikan satu putaran.

Di sesi kualifikasi MotoGP Mandalika 2024 pun Marquez lagi-lagi terjatuh. Marc Marquez terjatuh di tikungan 15. Motor Marc Marquez terlihat rusak, Marquez balik ke garasi. Marquez kembali mengejar putaran waktu tercepat. Tapi dia jatuh lagi! Marquez crash di tikungan 10. Pada akhirnya, The Baby Aliens menjalani MotoGP Mandalika 2024 dari posisi start ke-12.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version