Rabu, Juli 3


Jakarta

Prosedur body contouring seperti sedot lemak bisa menjadi salah satu cara untuk ibu memperbaiki bentuk tubuh setelah melahirkan. Namun, sebenarnya butuh waktu berapa lama seorang ibu sampai akhirnya diperbolehkan melakukan prosedur tersebut?

Dokter spesialis bedah plastik rekonstruksi dan estetik dr Qori Haly, SpBE-RE menjelaskan ada beberapa pertimbangan apabila ibu yang baru saja melahirkan ingin melakukan prosedur body contouring.

“Ibu yang baru saja melahirkan, baik normal atau caesar, bisa ada gangguan secara metabolik, hormonal, hingga ada fase-fase kehilangan darah yang cukup banyak, cairan juga,” kata dr Qori dalam acara temu media di Jakarta Pusat, Kamis (28/6/2024).


“Maka kondisi setelah melahirkan tentu tidak optimal untuk melakukan body contouring,” sambungnya.

Usai melahirkan, kondisi kantung rahim atau uterus masih dalam kondisi yang besar. Ketika sudah mulai uterus sudah mengecil, dokter baru bisa melakukan pemeriksaan apakah prosedur body contouring dapat dilakukan.

dr Qori menjelaskan prosedur body contouring pada ibu yang baru saja melahirkan biasanya dilakukan setelah beberapa bulan pasca persalinan

“Jadi sesuai rekomendasi kita tunggu 4-6 bulan pasca melahirkan. Nanti kita periksa dulu kondisinya. Menunggu kondisi tubuhnya ibu ini kembali normal baik secara anatomi, secara hormonal, dan metabolismenya,” jelas dr Qori.

“Kalau misalnya kondisinya dia sudah optimal baru itu bisa kita kerjakan,” tandasnya.

(avk/kna)

Membagikan
Exit mobile version