Rabu, Oktober 16


Jakarta

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) mengumumkan, Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 3 (Segmen Bayung Lencir – Tempino) sepanjang 34 km akan mulai beroperasi tanpa tarif alias gratis mulai besok, Kamis (17/10) pukul 07.00 WIB. Tol Bayung Lencir-Tempino merupakan tol pertama di Provinsi Jambi.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim mengatakan pengoperasian ini dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri PUPR No. 2798/KPTS/M/2024 tanggal 16 Oktober 2024, tentang Penetapan Pengoperasian Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi Seksi 3 (Segmen Bayung Lencir – Tempino).

“Tol ini telah melalui proses Uji Laik Fungsi (ULF) dan telah menerima Sertifikat Laik Operasi (SLO) yang diterbitkan pada 14 Oktober 2024, sehingga dinyatakan layak untuk digunakan oleh masyarakat,” jelasnya dalam keterangan tertulis, Rabu (16/10/2024).


Meskipun belum dikenakan tarif, pengguna jalan tol yang melintas diminta tetap melakukan tapping kartu uang elektronik di gerbang tol dan memastikan kartu dalam kondisi baik.

Dengan beroperasinya tol ini, Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol.

“Berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat. Apabila terdapat keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol, agar segera melapor ke Call Centre Tol Bayung Lencir – Tempino di 0821-8888-7710,” tutup keterangan resminya.

Untuk informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan dua jalan tol Trans Sumatera. Adapun jalan tol tersebut yakni ruas Indrapura-Kisaran dan ruas Betung-Tempino-Jambi.

Jalan tol Betung-Tempino-Jambi menghubungkan kawasan Bayung Lencir ke Tempino dengan panjang 34 kilometer.

Anggaran yang dikeluarkan untuk jalan tol Bayung Lencir-Tempino senilai Rp 5,6 triliun. Ruas jalan tol Betung-Tempino-Jambi sendiri akan menghubungkan Sumatera Selatan dengan Jambi.

“Ini juga telah selesai jalan tol Bayung Lencir-Tempino di Jambi sepanjang 34 kilometer habiskan anggaran Rp 5,6 triliun, ini sudah dibangun sejak 2 tahun lalu dan jadi bagian Trans Sumatera,” ungkap Jokowi.

(ada/das)

Membagikan
Exit mobile version