Sabtu, September 14

Jakarta

Belanja online tak dimungkiri sudah menjadi kebutuhan. Kadang, dengan berbagai pertimbangan, opsi hybrid menjadi hal yang dipilih orang. Misalnya, memesan belanjaan secara online tapi mengambilnya secara offline, langsung datang ke store.

“Sebelum pandemi, online sebuah opsi. Untuk lihat-lihat cek harga. Masa pandemi, tidak ada pilihan selain online, ini solusi bahkan saat itu supply system. Dua tahun pandemi, esensi awal belanja online ternyata sukses dan kenyamanan didapatkan,” ujar Group Head Marketing Services Blibli Edward Kilian Suwignyo.

“Saat ini, kita di dalam posisi mempersiapkan semua channel terintegrasi. Contohnya, belanja online tapi ambilnya di offline. Belanja offline tapi bayarnya online,” lanjutnya.


Yang menarik, Kiki menyebutkan kebiasaan belanja online dan baru mengambilnya kemudian (click and collect) mulai tumbuh di masyarakat. Kemudian, dia menyebutkan beberapa item yang sering dipesan dengan opsi tersebut.

“Ketika belanja online, yang muncul itu barang-barang yang sering dibelanjakan seperti mie instan, frozen food dan barang segar misalnya telur. Nilainya kecil tapi dilakukan (click and collect) dengan tujuan mengurangi risiko. Mungkin takutnya telur kalau dikirim pecah apa nggak. Atau dia punya waktunya sekarang untuk pesan tapi ngambilnya nanti,” kata Kiki.

Rata-rata, pengguna omnichannel Blibli akan memesan barang secara online di Blibli, kemudian menjemput barang pesanan mereka di Farmer Market. Tak sedikit, pemesanan dilakukan saat luang bekerja dan diambil pada waktu pulang kerja.

“Barang-barang mahal ternyata juga banyak yang belanja online ngambilnya offline. Salah satu record itu kamera Nikon Z9 seharga Rp 157 juta. Transaksi online tapi ambil barang ke merchant kami,” akunya.

Biasanya, ini dilakukan supaya pembeli bisa puas mengecek kondisi barang yang mereka pesan. Di samping itu, beberapa orang lebih suka ambil pesanan sendiri karena sekalian minta bantuan untuk setup produk digital.

“Gadget, tentu saja toko kami Blibli di beberapa mall merupakan point utama click and collect,” ungkapnya.

Blibli merupakan pelopor omnichannel di Indonesia. Dirilis 25 Juli 2011, Blibli menginjak usia 13 tahun ini. Menyambut perayaan ultah Blibli, akan ada promo yang bertabur di platform Blibli selama 18-28 Juli. Bagi yang berulang tahun di bulan ini, dapatkan cashback spesial senilai 113% untuk banyak produk.

(fyk/fay)

Membagikan
Exit mobile version