Selasa, Oktober 22

Jakarta

Samsung telah mengumumkan para pemenang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 untuk tahun 2023/2024. Banyak inovasi yang dihasilkan anak bangsa dalam kompetisi tahunan ini, mengusung tema isu sosial, pendidikan, lingkungan dan energi terbarukan.

Juara pertama kategori SMA/SMK/MA adalah tim Mechalvent dari MAN Insan Cendekia Tanah Laut dengan proyek Bioner-S, sebuah pembangkit listrik pintar berbasis IoT yang menggunakan limbah biomassa.

Juara kedua diraih oleh tim G.O.A.T dari SMA Negeri 1 Malang dengan proyek Mripatmu, sistem pengawasan siswa berbasis face recognition, AI, dan IoT. Mripatmu mampu mendeteksi siswa yang keluar kelas tanpa izin kemudian mengirimkan notifikasi kepada orang tua dan admin sekolah.


Pemenang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024 Kategori SMA, SMK, MA dan Setara Foto: Samsung Indonesia

Juara ketiga adalah tim STI SMKN 2 PKU tim 23 dari SMKN 2 Pekanbaru dengan proyek OCR Baca Obat, yang membantu penyandang disabilitas membaca label obat menggunakan teknologi OCR dan AI. Selain itu, tim RPL MAALMA 2 dari MA Ma’arif Udanawu memenangkan People’s Choice Award dengan proyek Eye Cat, yang mendeteksi kelelahan mata pada pengguna komputer.

Di kategori universitas, juara pertama diraih oleh tim dari Universitas Bina Nusantara dengan proyek Daely, sistem deteksi kantuk untuk pengemudi. Juara kedua sekaligus People Choice Award diraih tim dari Universitas Gadjah Mada dan Universitas Nahdlatul Utama Yogyakarta dengan proyek MotoRescue, sistem keselamatan berkendara berbasis IoT dan AI.

Juara ketiga adalah tim dari Universitas Kristen Duta Wacana dan Universitas Negeri Yogyakarta dengan proyek Smart Glasses, kacamata pintar untuk tuna netra.

Pemenang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 5 2023/2024 kategori Universitas Foto: Samsung Indonesia

Para pemenang SIC Batch 5 2023/2024 dari kedua kategori masing-masing mendapatkan hadiah berupa produk Samsung senilai Rp 55 juta untuk juara pertama, Rp 40 juta untuk juara kedua, Rp 25juta untuk juara ketiga, dan Rp 15juta untuk pemenang kategori People’s Choice. Ditambah lagi sertifikat resmi dari Samsung Electronic Indonesia dan lembaga internasional.

Selain itu, bentuk dukungan tingkat lanjut untuk para alumni program SIC, Samsung juga mempersiapkan beasiswa pelatihan kesiapan kerja (Job readiness) bagi 20 peserta berprestasi untuk ditempatkan di perusahaan-perusahaan partner setelah mereka lulus.

Sedikit informasi Samsung Innovation Campus Batch 5 2023/2024 adalah program pendidikan blended-learning yang dilaksanakan secara online. Dan diakhiri dengan penilaian project terbaik dari para peserta dari hasil pelatihan-pelatihan yang diberikan sebelumnya yaitu, coding & programming, IoT dan AI.

Pengembangan produk akhir yang diusung pada SIC Batch 5 ini adalah dengan berbasis inovasi AI, dalam rangka menghasilkan solusi cerdas yang dibutuhkan untuk memecahkan berbagai masalah sehari-hari di masyarakat.

(afr/rns)

Membagikan
Exit mobile version