Senin, Oktober 21


Jakarta

Aldi Satya Mahendra mencetak sejarah di kejuaraan World Supersport 300. Pebalap kelahiran Bantul, Yogyakarta, itu menjadi pebalap Indonesia pertama yang mengunci gelar Juara Dunia FIM Supersport 300 di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (20/10/2024).

Aldi finis keenam di Race 2 WorldSSP300 di Jerez. Pada Race 1, Aldi sukses mengamankan posisi podium dengan finis ketiga. Atas hasilnya itu, poin Aldi Satya Mahendra tak terkejar oleh rival terdekatnya.

“Saya sangat senang. Ini adalah impian saya saat masih kecil. Ketika saya melihat kakak saya (Galang Hendra Pratama) berlomba di WorldSSP300 dan WorldSSP, saya ingin menjadi seperti dia! Akhirnya, saya mendapat kesempatan untuk berlomba di sini dan saya bisa menjadi Juara Dunia. Ini luar biasa bagi saya dan keluarga saya. Saya sangat senang. Saya Juara Dunia pertama dari Indonesia. Ini luar biasa,” kata Aldi dikutip dari situs resmi WorldSBK.


Aldi Satya Mahendra hanya butuh empat poin untuk mengamankan gelar menjelang Race 2 Minggu sore. Pembalap kebanggaan Indonesia itu memastikan dirinya berada di posisi 10 besar saat para pembalap memasuki sirkuit Spanyol.

Saingan terdekatnya dalam perebutan gelar, pembalap Belanda Loris Veneman (MTM Kawasaki), finis satu posisi di depan Aldi. Terlepas dari usahanya, Aldi Satya Mahendra menyelesaikan balapan dengan keunggulan 21 poin dari pembalap Kawasaki tersebut.

“Untuk musim ini, saya hanya melakukan yang terbaik dan tidak pernah memikirkan Kejuaraan. Di ronde ini saja, saya terlalu banyak memikirkannya! Di Race 2, di Jerez, saya kebingungan. Setiap pebalap memberikan yang terbaik. Saya hanya terus fokus dan akhirnya saya meraih Juara Dunia. Untuk balapan, saya hanya berusaha untuk tidak membuat kesalahan. Saya merasa ada pembalap lain yang menyentuh saya di satu tikungan dan saya hanya berusaha untuk fokus,” ucapnya.

Dalam balapan kelas dunia tersebut, Aldi Satya Mahendra mengendarai motor Yamaha YZF-R3.

(rgr/din)

Membagikan
Exit mobile version