Sabtu, Oktober 26


Jakarta

Berkuah kaldu yang gurih, racikan bakso klasik masih menjadi favorit sejuta umat. Harganya murah, dengan merogoh kocek mulai Rp 5.000 sudah bisa dapat seporsi bakso.

Bakso merupakan makanan khas Indonesia yang diadaptasi dari kuliner China. Bola-bola daging itu pertama kali dibuat pada pemerintahan Dinasti Ming pada abad ke-17 dengan bahan daging babi.

Kemudian, masuk ke Indonesia lewat para imigran dari China yang berlabuh di beberapa kota pesisir Indonesia. Masyarakat Indonesia pun mengganti daging babi menggunakan daging sapi untuk bahan membuat bakso.


Di pulai Jawa, kaldu kuah bakso diracik dari daging sapi, tulang-tulang dan lemak sapi. Ada yang bening tetapi ada juga yang agak keruh karena diberi bumbu ulek yang terdiri dari kemiri, bawang putih dan merica.

Bakso klasik Foto: iStock

Di tengah bermunculan bakso kekinian dengan berbagai isian, bakso tradisional yang klasik tetap di hati penggemarnya. Khususnya di pulau Jawa, bakso memiliki gaya racikan yang berbeda-beda.

Ada bakso Solo, Wonogiri, Kerikil, Cuanki, hingga bakso Malang yang punya karakteristik tersendiri pada kuah, bakso, dan bahan pelengkapnya. Racikannya klasik, berupa bakso daging polos atau diisi urat dan telur.

Dalam seporsi bakso disajikan dengan beberapa isian seperti mie kuning, mie bihun, tauge, sawi, hingga tetelan untuk menambah kelezatan. Lalu, disajikan dengan siraman kuah kaldu sapi yang gurih.

Bakso tradisional tersebut kemudian menjadi makanan khas di setiap daerahnya masing-masing. Kelezatannya membuat bakso-bakso tradisional itu banyak bermunculan di kota-kota besar, termasuk Jakarta.

Bakso klasik gerobakan. Foto: iStock

Umumnya bakso ditawarkan lewat gerobak kaki lima, ada yang keliling, ada juga yang mangkal di pinggir jalan. Bahkan gerobak bakso tersebut menjamur di setiap sudut jalan.

Meskipun sederhana, tetapi kelezatan bakso membuat para publik figur hingga tokoh penting tak gengsi untuk makan di warung bakso. Bahkan beberapa di antaranya sudah menjadi langganan puluhan tahun.

Nah, di ulasan detikFood kali ini akan membahas seputar bakso klasik yang populer di Jawa. Mulai dari jenis bakso di setiap daerah di Jawa, lengkap dengan karakteristiknya masing-masing.

Kemudian, akan ada rekomendasi tempat-tempat makan bakso yang terkenal enak, legendaris puluhan tahun, hingga bakso murah meriah dengan harga mulai Rp 5.000 per porsi.

Karenanya, simak terus ulasan detikFood ya!

(raf/odi)

Membagikan
Exit mobile version