Sabtu, September 28


Jakarta

Sempat viral di tahun 2020 lalu, bakpao jumbo yang satu ini masih diminati meski jualannya di dalam perumahan. Pembelinya selalu antre!

Berasal dari China, bakpao jadi camilan populer di Indonesia. Berbeda dengan roti kukus biasa, kalau bakpao dibuat dari tepung terigu yang diberi ragi sehingga mengembang dan teksturnya lembut.

Agar tidak kosong, bagian dalam bakpao memiliki aneka isian misalnya daging kukus, kacang ijo, kacang merah sampai cokelat.


Kalau mau coba bakpao yang enak dan porsiya jumbo, bisa mampir ke toko Bakpao Elfin di dalam perumahan Villa Melati Mas Blok L-5.

Bakpao Jumbo yang Viral Ini Lokasinya Ada di Dalam Perumahan Foto: detikFood

Berjualan lebih dari 30 tahun, Bakpao Elfin ini awalnya berjualan menggunakan mobil bak terbuka dan ditawarkan secara berkeliling di kawasan BSD. Nama ‘Elfin’ sendiri diambil dari nama putra sang pemilik.

Pada tahun 2020 silam, bakpao Elfin ini sempat viral bahkan diantre ratusan orang setiap harinya. Orang-orang rela antre sampai satu jam lebih untuk bisa mencoba bakpao legendaris ini, tak jarang dulu sering sekali orang sudah mengantre tapi tetap kehabisan bakpao karena tingginya animo pembeli.

Sejak dulu ciri khas bakpao ini terletak pada ukurannya yang tiga kali lipat lebih besar pada bakpao umumnya. Isiannya juga padat dan melimpah serta harga yang masih terjangkau yaitu di angka Rp 11.000 saja per buahnya.

Bakpao Jumbo yang Viral Ini Lokasinya Ada di Dalam Perumahan Foto: detikFood

Untuk pilihan rasanya hanya ada tiga saja, yaitu bakpao ayam, kacang merah (tausa) dan cokelat. Karena dibuat secara homemade, tentunya bakpao ini terjamin kualitasnya.

Bagian luar bakpao empuk, dan bagian dalamnya memiliki tekstur yang lembut tapi tetap ada kesan ‘fluffy’ seperti makan roti. Isiannya tak pelit sama sekali, di bakpao ayam, isiannya menggunakan daging cincang ayam yang dikukus dengan bumbu manis gurih. Rasanya mirip seperti ayam yang dikukus.

Bakpao Jumbo yang Viral Ini Lokasinya Ada di Dalam Perumahan Foto: detikFood

Kemudian bakpao isi kacang merahnya juga tak kalah juara, dari suapan pertama sudah terasa kacang merah yang dihaluskan namun masih ada tekstur kacangnya yang tak terlalu halus. Bakpao ini cocok buat penggemar makanan yang tak terlalu suka manis.

Bakpao kacang merah (tausa). Foto: detikFood

Terakhir ada bakpao cokelatnya, menu bakpao ini bisa dibilang paling laris karena paling cepat habis. Menggunakan selai cokelat homemade, tekstur selai cokelatnya sedikit kasar tapi cocok dipadukan dengan lembutnya bakpao yang masih hangat.

Bakpao cokelat. Foto: detikFood

Jangan lupa coba juga siomay ayamnya, harganya Rp 6.500 per buah dan ukurannya cukup besar. Berbeda dengan siomay pada umumnya, kalau siomay ayam di Bakpao Eflin lebih ke gaya shumai dimsum.

Di sini siomay bukan diolah dari ikan, melainkan dari daging ayam cincang sehingga dari segi tekstur lebih padat, dan rasa siomaynya lebih gurih dengan cocolan saus merah yang sedikit manis.

Siomay Ayam. Foto: detikFood

Bagi yang mampir ke Bakpao Elfin cabang Villa Melati Mas, antrian di sini cukup normal meski tetap ramai pengunjung. Waktu antrenya kurang dari lima menit saja, tempatnya pun lebih nyaman karena berada di ruko.

Setiap harinya Bakpao Elfin cabang perumahan Villa Melati Mas ini buka dari jam 12.30 – 19.30. Oh ya, bakpao di sini bisa beli yang hangat atau yang masih dingin. Yuk mampir!

Bakpao Elfin

Villa Melati Mas.
JL. Villa Melati Mas Raya no.17B.
Blok L-5, Serpong Utara, Tangerang.
Instagram: @bakpao.elfin

(sob/odi)

Membagikan
Exit mobile version