Rabu, Oktober 16


Jakarta

Makan beras mentah jadi salah satu konten ASMR yang populer. Dokter ini mengingatkan risiko konsumsi beras mentah yang membahayakan kesehatan. Ini alasannya.

Video ASMR jadi konten favorit di media sosial dimana pengunggahnya menunjukkan sensasi yang menyenangkan dan membuat rileks dengan memperdengarkan atau menunjukkan visual tertentu. Misalnya ketika makan beras mentah.

Suara bulir-bulir beras yang berjatuhan dan suara renyah saat beras digigit bikin banyak penonton puas. Alhasil beberapa konten kreator kerap mengunggah ASMR beras mentah.


Praktik ini pun mengundang komentar dari praktisi kesehatan karena beras sejatinya ditujukan untuk dimasak sebagai nasi. Konsumsi beras mentah bukanlah hal umum.

Kebiasaan makan beras mentah berbahaya untuk kesehatan. Foto: Instagram

dr. Dion Haryadi melalui Instagram dionharyadi (10/10/2024) memberikan komentarnya. Ia mengatakan, beras tidak disarankan untuk dimakan mentah karena ada zat-zat yang tidak dapat dicerna tubuh manusia.

“Bisa menyebabkan gangguan pencernaan jika (beras mentah) dikonsumsi, tapi kalau sudah dimasak, zat-zat berbahaya ini akan hilang dan membuat nasi bisa dikonsumsi dengan aman,” jelasnya.

Kedua, dr. Dion menyebut ada risiko keracunan dari makan beras mentah. “Karena kemungkinan masih ada bakteri yang menempel pada beras tersebut, yang seharusnya mati kalau dimasak. Kalau dimakan mentah, ya bakterinya nggak mati,” kata dr. Dion.

Ia menegaskan, makan beras mentah tidak ada manfaatnya jadi tidak perlu dicontoh. Dalam kolom komentar, dr. Dion juga menambahkan bahwa beras secara data mengandung kalori lebih besar karena tidak ada kandungan air.

dr. Dion mengungkap, “Tapi belum tentu bisa dicerna semua sama tubuh kita, jadi bisa aja nggak setinggi itu kalorinya.”

Beras mentah masih mungkin mengandung bakteri yang membahayakan kesehatan. Foto: YouTube Asty Tulastri

Penjelasan ilmiah sekaligus efek samping makan beras mentah juga pernah diungkap Irtya Qiyamulail selaku edukator bidang gizi. Ia mengatakan beras mentah mengandung lektin.

Lektin merupakan jenis protein yang berfungsi sebagai insektisida alami. Mengonsumsi makanan mentah yang mengandung lektin dapat memicu terjadinya mual, diare, hingga gangguan pencernaan.

Selain konten ASMR, beberapa orang juga kerap ngidam makan beras mentah, termasuk pada ibu hamil. Hal ini pernah dialami presenter Fitri Tropica.

Menurut Irtya Qiyamulail, keinginan makan beras mentah bisa jadi indikasi kekurangan zat besi. Hal ini pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian di tahun 2011.

“Jadi di penelitian Njiru et al, pada wanita hamil di Afrika menemukan bahwa sebagian besar wanita hamil yang mengalami anemia terdapat kecenderungan untuk mengonsumsi makanan yang tidak biasa,” ujar Irtya Qiyamulail.

(adr/odi)

Membagikan
Exit mobile version