Minggu, Oktober 6


Jakarta

Francesco Bagnaia menang dalam seri MotoGP Jepang 2024. Jorge Martin berada di posisi kedua, dan Marc Marquez melengkapi posisi tiga.

Awan mendung sempat menyelimuti Sirkuit Motegi, Jepang, Minggu (6/10) siang WIB. Bisa saja balapan berlangsung flag to flag seiring dengan potensi hujan. Namun mendekati momen dimulainya race, belum terlihat tanda-tanda hujan.

Selepas start, Francesco Bagnaia langsung memimpin jalannya balapan. Dia dikuti Pedro Acosta dan Brad Binder sebagai posisi tiga teratas.


Menariknya Jorge Martin yang start dari posisi 11 ngacir bak roket ke posisi enam pebalap terdepan.

Marc Marquez juga bisa menjalani start oke. Dia tembus ke lima besar. Meskipun sempat bersenggolan dengan Maverick Vinales di tikungan pertama.

Balapan baru satu putaran, Alex Marquez dan Joan Mir mengalami insiden di sektor empat. Keduanya terjatuh hingga mator Alex Marquez nyangkut di Joan Mir, keluar sampai masuk gravel.

Jorge Martin tiba-tiba sudah masuk empat besar saja! dia lalu bertarung dengan Brad Binder untuk berebut posisi tiga. Manuver rider Spanyol itu berhasil mengasapi Binder.

Baru putaran keempat, nasib nahas dialami Pedro Acosta. Pemegang pole itu terjatuh di sektor empat. Bendera kuning berkibar! dia gagal finis podium lagi seperti dalam gelaran sprint race. Meski begitu Acosta tetap lanjut balapan.

Dengan jatuhnya Acosta, tiga pebalap terdepan diisi oleh Francesco Bagnaia, Jorge Martin dan Marc Marquez.

Brad Binder dan Enea Bastianini melengkapi posisi lima besar. Maverick Vinales yang memulai balapan dari posisi tiga merosot ke posisi 10.

16 lap tersisa, Bagnaia membuat jarak 0,789 detik dari Jorge Martin. Bagnaia terus berusaha menjauh dari Martin tapi jaraknya masih di bawah satu detik terus.

10 lap berjalan race director mengibarkan tanda white flag. Para pebalap diizinkan untuk mengganti motor karena kemungkinan trek basah.

Kendati white flag sudah dikibarkan, belum ada pebalap yang menukar motornya di garasi. Vinales terjatuh di sektor dua pada lap ke-12.

Martin belajar dari kesalahan di MotoGP San Marino 2024. Dia tidak buru-buru mengganti motornya, Martinator terus membututi Bagnaia. Perbedaan waktunya bertambah jadi 1,138 detik.

Marquez sempat melakukan kesalahan pada lap ke-14. Dia melebar pada tikungan satu. Kesempatan ini bikin jarak waktu dengan Bastianini yang menguntit posisi empat jadi 0,871 detik.

Acosta benar-benar meninggalkan balapan. Setelah meraih pole position, masuk ke posisi dua saat balapan, terjatuh, bangkit lagi, Acosta masuk ke garasi lebih cepat pada putaran ke-15.

Lima putaran lagi! Jorge Martin terus memangkas waktu dari Bagnaia. Sekarang jaraknya 1,139 detik.

Sedangkan jarak Marquez dengan Martin sudah 3,9 detik. The Baby Aliens tidak bisa menyusul lebih cepat lagi.

Bastianini yang ingin merebut posisi tiga dari Marquez masih terus memburu, jarak waktunya 0,753 detik!

Martin terus mendekati Bagnaia di akhir-akhir balapan. Martinator bisa memangkas jarak di bawah satu detik, tepatnya 0,828 detik dari Bagnaia.

Last lap! Bagnaia menyentuh garis finis yang pertama, diikuti Jorge Martin, dan Marc Marquez yang melengkapi podium teratas.

Hasil MotoGP Jepang 2024:

1. Francesco Bagnaia
2. Jorge Martin
3. Marc Marquez
4. Enea Bastianini
5. Brad Binder
6. Franco Morbidelli
7. Marco Bezzecchi
8. Fabio Diggiantonnio
9. Aleix Espargaro
10. Jack Miller
11. Fabio Quartararo
12. Johann Zarco
13. Takaaki Nakagami
14. Luca Marini
15. Raul Fernandez
16. Alex Rins
17. Remmy Gardner

(riar/riar)

Membagikan
Exit mobile version