Rabu, Oktober 9

Daftar Isi

  • Daftar 10 Ayam Goreng Terenak di Dunia

  • 1. Korean Fried Chicken (Chikin), Korea Selatan

    2. Karaage, Jepang

    3. Ayam Goreng, Indonesia

    4. Chicken 65, India

    5. Fried Chicken, Amerika Serikat

    6. Ayam Goreng Renyah (Zhaziji), Cina

    7. Popcorn Chicken, Taiwan

    8. Chicken Kyiv (Kotleta po Kyivsky), Ukraina

    9. Ayam Penyet, Indonesia

    10. Orange Chicken (Chen Pi Ji), China

Jakarta

Ayam goreng ternyata bukan sekadar ayam goreng. Setiap negara memiliki kekhasan masing-masing, mulai dari nama, pengolahan bahan ayam, bumbu, cara memasak, hingga penyajiannya.

Taste Atlas merilis daftar ayam goreng paling enak di dunia. Dua jenis ayam goreng Indonesia masuk daftar 10 besar, yaitu peringkat tiga dan sembilan. Simak 10 daftar lengkapnya di bawah ini!

Daftar 10 Ayam Goreng Terenak di Dunia

Dikutip dari Taste Atlas yang diperbarui pada 15 September 2024, berikut ini 10 ayam goreng terenak di dunia:


1. Korean Fried Chicken (Chikin), Korea Selatan

Chikin. Foto: Istimewa

Chikin merupakan makanan ayam goreng populer khas Korea. Makanan ini sederhana karena terdiri dari potongan ayam yang digoreng secara deep-fry.

Makanan ini diperkenalkan oleh militer Amerika selama Perang Korea pada 1950-an. Oleh karenanya, chikin ini tidak jauh berbeda dengan ayam goreng yang dijual di restoran cepat saji Amerika.

Kini penjual chikin semakin banyak bereksperimen dengan ayam gorengnya, sehingga banyak menggunakan bumbu dan saus yang berbeda.

2. Karaage, Jepang

Karage. Foto: Getty Images/iStockphoto/ALLEKO

Karaage sebetulnya adalah nama teknik memasak di Jepang. Tekniknya adalah melapisi makanan dengan tepung pati garut, kemudian menggorengnya. Karena menggunakan bahan ayam, maka sering disebut chicken karaage.

Pati garut dipilih karena bisa menjaga kandungan air alami makanan yang digoreng dan menghasilkan bagian luar yang renyah. Tetapi banyak pula yang menggunakan tepung terigu, tapioka, atau tepung kentang.

Di Jepang, chicken karaage sebelumnya dibumbui campuran sake, kecap asin, dan gula, baru kemudian dibaluri tepung pati garut dan digoreng.

3. Ayam Goreng, Indonesia

Ayam goreng. Foto: Site News

Ayam goreng Indonesia tentu sudah sering kita makan. Namun detikers mungkin belum mengetahui bagaimana cara memasak ayam goreng ala warga +62.

Ayam goreng ala Indonesia terdiri dari potongan ayam, biasanya paha, sayap, atau dada, yang direndam dalam bumbu. Kemudian ayam direbus sebentar, baru kemudian digoreng.

Ayam goreng ini tanpa tepung, tetapi kuat pada bumbu rempahnya, seperti serai, lengkuas, kunyit, dan asam jawa.

Ayam goreng seperti ini adalah bentuk umum yang dikenal di berbagai daerah di Indonesia. Ayam goreng ini disajikan bersama nasi, lalapan, dan sambal.

4. Chicken 65, India

Chicken 65 adalah makanan ayam klasik yang berasal dari Chennai, India. Hidangan ini terdiri dari ayam goreng yang direndam dalam jahe, lemon, cabai merah, dan beberapa bumbu lain.

Ada beberapa teori tentang asal-usul nama 65. Yang paling populer mengatakan ayam goreng ini pertama kali dibuat oleh AM Buhari di Tamil Nadu pada 1965. Ada juga teori tak masuk akal yang mengatakan bumbunya menggunakan 65 cabai, atau usia ayam yang digunakan adalah 65 hari.

5. Fried Chicken, Amerika Serikat

Fried chicken. Foto: Istimewa/Instagram/Twitter

Ayam goreng Amerika Serikat sudah mendunia lewat restoran siap sajinya yang berada di berbagai negara. Secara umum, fried chicken ini memiliki daging lembap, lezat, empuk, tapi dilapisi tepung renyah berwarna cokelat keemasan.

Karena banyaknya merek fried chicken, setiap orang memiliki favoritnya sendiri-sendiri. Adapun penyajiannya juga sederhana, yaitu ayam goreng, kentang goreng, dan saus. Kemudian dimakan dengan tangan langsung.

Sejarahnya berawal dari masa penjajahan, yaitu saat imigran Skotlandia menetap di selatan Amerika, membawa serta resep ayam goreng mereka. Para budak Afrika kemudian memperkenalkan bumbu dan rempah-rempah baru, dan hidangan ini dengan cepat mendapatkan popularitas.

6. Ayam Goreng Renyah (Zhaziji), Cina

Selanjutnya ada ayam goreng renyah khas Kanton, daerah Guangdong, China. Ayam goreng renyah terdiri dari ayam yang dikukus dan dikeringkan terlebih dahulu, lalu digoreng dengan cara khusus agar kulitnya renyah, tapi dagingnya tetap empuk.

Bumbu yang dipakai dalam proses pengukusan adalah aneka rempah-rempah seperti kayu manis, lada Sichuan, jahe, adas manis, dan pala. Ayam biasanya disiram dengan kombinasi gula dan cuka, agar kulit ayam menjadi renyah.

Tradisi di sana, zhaziji ini adalah hidangan yang harus disantap pada malam hari. Makanan ini juga sering dikonsumsi pada acara pesta pernikahan Tionghoa.

7. Popcorn Chicken, Taiwan

Chicken Popcorn. Foto: Shutterstock

Di Taiwan, ayam goreng dibuat sekali gigit dengan potongan-potongan kecil, maka disebut dengan popcorn.

Daging ayam ini diberi bumbu kecap asin, bawang putih, jahe, arak beras, dan berbagai macam rempah-rempah.

Potongan-potongan ayam dilapisi dengan tepung kentang atau jagung dan digoreng hingga renyah. Biasanya ayam ini hanya diambil dagingnya, sedangkan tulangnya dibuang.

8. Chicken Kyiv (Kotleta po Kyivsky), Ukraina

Chicken Kiev. Foto: iStock

Chicken Kyiv terdiri dari dada ayam pipih bertulang yang digulung dengan mentega herba dingin, dilapisi tepung roti, lalu digoreng.

Sejarah tentang ayam goreng ini tidak diketahui secara pasti. Namun, ada yang mengaitkannya dengan koki Ukraina, Rusia, dan Prancis.

9. Ayam Penyet, Indonesia

Ayam penyet sambal ijo. Foto: Ilustrasi Grab Food

Satu lagi ayam goreng Indonesia yang menjadi makanan terenak di dunia, yaitu ayam penyet.

Ayam penyet pada dasarnya sama saja dengan ayam goreng yang umum di Indonesia. Namun sebelum disajikan, ayam dipenyet atau ditekan dulu menggunakan ulekan sekaligus melapisinya dengan sambal. Penyajiannya juga menggunakan nasi dan lalapan.

10. Orange Chicken (Chen Pi Ji), China

Orange chicken. Foto: Taste Atlas

Terakhir ada ayam goreng dari China yang bernama orange chicken atau chen pi ji. Makanan ini berasal dari daerah Hunan.

Daging ayam digepuk terlebih dahulu agar lebih empuk, kemudian digoreng dengan jeruk asam manis dan saus sambal. Orange chicken atau ayam jeruk ini disajikan dengan nasi putih.

Nah, itulah 10 jenis ayam goreng paling enak di dunia. Ayam goreng dan ayam penyet Indonesia termasuk di dalamnya. Detikers pengin cobain yang mana?

(bai/inf)

Membagikan
Exit mobile version