Senin, Oktober 28

Jakarta

Asyik, sekarang Gemini Live bisa berbicara dalam Bahasa Indonesia lho. Lantas bagaimana cara supaya asisten berteknologi kecerdasan buatan (AI) ini melakukannya? simak caranya berikut.

Pembaruan ini sebelumnya diumumkan oleh Group Product Manager, Gemini Experiences, Jules Walter, di laman blog Google. Dirinya juga mengungkapkan, Gemini Live Bahasa Indonesia akan tersedia di banyak aplikasi Google.

“Kini, Gemini Live hadir dalam Bahasa Indonesia, memungkinkan Anda berbincang secara alami dengan AI ini. Gemini juga akan terhubung ke lebih banyak aplikasi Google dalam Bahasa Indonesia, mempermudah mengakses informasi dan melakukan banyak hal pada berbagai layanan Google,” ungkap Walter, dikutip detikINET (Minggu (27/10/2024).


Cara Aktifkan Gemini Live Bahasa Indonesia

Walter menyampaikan, Gemini live dapat mendukung percakapan hingga dua bahasa sekaligus. Dengan begitu, fitur ini dapat memberikan fleksibilitas untuk beralih antara Bahasa Indonesia dan bahasa lainnya.

“Fitur ini memungkinkan untuk berinteraksi dengan AI sesuai dengan konteks percakapan,” tambah Walter.

Berikut cara mengaktifkan Gemini Live Bahasa Indonesia:

  1. Pada ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Google dan pada bagian atas, ketuk gambar profil atau inisial Anda.
  2. Ketuk Setelan > Asisten Google > Bahasa.
  3. Pilih Bahasa Indonesia atau bahasa lain yang didukung.
  4. Detikers dapat memilih satu lagi dari bahasa yang didukung untuk dijadikan bahasa kedua.

Walter melanjutkan, Gemini Live memungkinkan percakapan layaknya seperti dengan teman mulai dari mendiskusikan ide, menjelajahi topik, atau berlatih presentasi.

Sekadar informasi, Google meluncurkan Gemini pada akhir tahun lalu. Mereka mengklaim kalau AI terbarunya ini punya penalaran yang dapat menjawab pertanyaan sulit dengan tepat.

Pendiri Google DeepMind, Demis Hassabis, menyebut Gemini sebagai model terbaik yang pernah dikerjakan oleh Google. Ia juga menyebut Gemini sebagai AI yang dapat mengolah berbagai jenis file seperti teks, kode, audio, gambar bahkan video.

(hps/hps)

Membagikan
Exit mobile version