Kamis, Oktober 17


Washington

Hubungan AS-China sempat dikira memanas karena sejumlah panda mulai kembali ke Tiongkok. Tapi ternyata, ada dua panda baru yang akan datang ke Washington.

Dilansir dari Channel News Asia (CNA) pada Selasa (15/10), dua panda raksasa berangkat dari China menuju Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington. Berdasarkan perjanjian pengembangbiakan dan penelitian, dua panda itu akan berada di AS selama satu dekade.

“Tiongkok dan Amerika Serikat telah membuat pengaturan yang tertib untuk memastikan bahwa kedua panda raksasa itu akan tiba di Kebun Binatang Nasional Washington dengan selamat dan lancar,” kata Asosiasi Konservasi Satwa Liar Tiongkok (CWCA) dalam sebuah pernyataan.


Dua panda bernama Li Bao (pejantan) dan Qing Bao (betina) berangkat pada hari Senin. Dua panda raksasa ini berusia 3 tahun.

Beberapa tahun terakhir, AS telah mengembalikan hampir semua panda raksasa China sesuai dengan kontrak. Terkahir, ada tiga ekor panda dari Kebun Binatang Nasional yang dikembalikan November lalu.

Kurangnya pengganti segera dipandang oleh banyak orang sebagai simbol meningkatnya ketegangan antara Washington dan Beijing.

Tiongkok telah menggunakan ‘diplomasi panda’ sejak 1972, hewan pertama dikirim ke Washington sebagai hadiah, menyusul kunjungan bersejarah presiden AS Richard Nixon ke negara Komunis tersebut.

Pada bulan Agustus, Kebun Binatang San Diego menyambut dua panda raksasa, pertama kalinya dalam 21 tahun.

Sambutan kedatangan panda di Washington dilakukan dengan semarak, terlihat dari situs web Kebun Binatang Nasional dihiasi dengan spanduk bertuliskan “Panda akan datang”.

“Sesuatu yang berukukan “raksasa” akan datang ke Washington,” kata kebun binatang itu dalam sebuah posting di X. Pihak kebun binatang menambahkan bahwa mereka akan ditutup pada hari Selasa demi keselamatan panda dan staf.

Persiapan berlangsung dengan baik di kebun binatang, bisa dibilang kandang panda telah menjadi daya tarik utama selama beberapa dekade.

“Renovasi telah dilakukan di habitat panda untuk meningkatkan keamanan fasilitas dan memaksimalkan ruang bagi beruang untuk berkeliaran,” menurut situs web kebun binatang tersebut.

Struktur baru yang dibangun untuk panda tersebut meliputi kolam dangkal agar mereka dapat mandi, kemudian ada tempat bambu tiruan yang menjadi arena berburu panda untuk mencari makan seperti di alam liar.

Namun, panda-panda itu tersebut tidak akan tersedia untuk umum selama lebih dari sebulan setelah kedatangan mereka, karena mereka perlu dikarantina dan beradaptasi dengan habitat baru mereka.

“Selama dalam penerbangan, panda akan diberi makan rebung, wortel, dan roti jagung Cina,” kata asosiasi konservasi tersebut.

(bnl/bnl)

Membagikan
Exit mobile version