Kamis, Mei 16


Jakarta

Arus balik mudik lebaran 2024 masih berlangsung. Pelancong yang belum kembali ke rumah bisa memanfaatkan tarif reduksi dari KAI, cek ketentuannya nih.

Tarif reduksi tiket kereta api (KA) masih tersedia bagi kalangan dan instansi tertentu. Bahkan, diskon tersebut dapat dimanfaatkan bagi pelancong di momen arus balik mudik lebaran 2024.

KAI memberikan tarif reduksi ke beberapa kalangan, mulai dari lansia, veteran, anggota TNI/Polri, wartawan, akademisi, hingga kaum difabel. Reduksi tarif bervariatif hingga mencapai maksimal 50 persen. Berikut ini ketentuan tarif reduksi yang diberikan KAI:


1. Lansia

Lansia bisa mendapatkan diskon sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif. Syaratnya adalah pelanggan harus berusia 60 tahun atau lebih pada tanggal keberangkatan.

2. Legiun Veteran RI

Bagi para veteran, terdapat dua ketentuan diskon baik untuk KA komersial ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Veteran bisa mendapatkan diskon sebesar 50 persen di hari Selasa-Kamis (kecuali hari besar/hari libur nasional).

Untuk hari Jumat-Senin dan hari besar/hari libur nasional lainnya, veteran bisa mendapatkan diskon hingga 30 persen.

3. TNI dan Polri

Untuk aparat TNI dan Polri yang masih aktif dapat juga berkesempatan mendapat diskon sebesar 25 persen untuk KA eksekutif dan 50 persen untuk KA ekonomi dan bisnis.

Diskon itu diberikan kepada anggota TNI/Polri yang aktif termasuk siswa Pendidikan TNI/Polri, tetapi tidak termasuk keluarga ataupun PNS yang bekerja di lingkungan TNI/Polri.

4. Wartawan

Para wartawan juga bisa mendapatkan diskon sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif. Caranya adalah dengan menunjukkan kartu pers dan surat tugas peliputan.

5. Civitas Akademika

Terdapat diskon 10 persen bagi para civitas akademika baik dosen dan tenaga kependidikan di kampus tertentu. Adapun untuk daftar kampus yang mendapatkan keuntungan tersebut antara lain: Universitas Sebelas Maret, Universitas Padjadjaran, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, dan Universitas Semarang.

Ini juga berlaku bagi ikatan alumni kampus berikut:

Universitas Sebelas Maret, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Institut Teknologi Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, Universitas Jenderal Soedirman, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, Universitas Semarang, Universitas Malang, Universitas Brawijaya, dan Politeknik Bandung,

6. Disabilitas

Selain daftar di atas, ada juga diskon khusus bagi kawan disabilitas. Diskon sebesar 20 persen untuk KA komersial kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif diberikan bagi masyarakat yang disabilitas.

Adapun untuk mendapatkan fasilitas reduksi disabilitas, penyandang disabilitas wajib melakukan registrasi di Customer Service Stasiun paling lambat H-2 keberangkatan kereta api. Registrasi reduksi disabilitas wajib menggunakan surat keterangan asli dari dokter rumah sakit/puskesmas yang menyatakan bahwa yang bersangkutan adalah penyandang disabilitas.

Untuk mendapatkan tarif reduksi tersebut, pembelian harus dilakukan melalui aplikasi Access by KAI dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui Loket, Customer Service, atau lokasi lainnya sesuai kerjasama antara KAI dan instansi tersebut.

Menariknya, tarif reduksi ini akan tetap berlaku baik pada periode low season ataupun peak season seperti saat arus balik mudik lebaran 2024.

“Tiket reduksi tersebut tetap berlaku pada arus mudik dan balik Lebaran ataupun peak season lainnya,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus, saat dihubungi detikTravel, Selasa (16/4/2024).

Ikuti berita-berita terkini arus mudik dan arus balik di “BRI Teman Mudik”.

Simak Video “Kondisi Hari H Lebaran Stasiun Pasar Senen Ramai
[Gambas:Video 20detik]
(wkn/fem)

Membagikan
Exit mobile version