Sabtu, Juli 6

Jakarta

Tombol power yang biasa kita temukan di perangkat elektronik seperti laptop, PC, atau HP ternyata punya makna lho. Itu bukan sekadar garis tegak lurus (l) atau lingkaran (O).

Lantas apa sih arti tanda I dan O di tombol power? Mengapa keduanya seakan tidak mengisyaratkan bahwa itu maksudnya on dan off, mengingat dua kata ini diawali dengan huruf ‘O’.

Sebelum memberitahu jawabannya, mari mengulas sedikit fungsi dari tombol power. Berikut penjelasannya.


Fungsi Tombol Power

Fungsi tombol power secara umum untuk menghubungkan atau memutus daya listrik pada perangkat yang sedang digunakan. Cara kerjanya seperti saklar di lampu, yang berguna untuk menghidupkan atau memadamkan.

Setiap tombol power punya penempatan yang berbeda-beda, tergantung bagaimana pengembang menyajikannya. Apabila mengacu pada smartphone masa kini, tombol power tidak hanya tersedia di sisi kanan, tapi juga ada di dalamnya.

Jadi biasanya kalau orang-orang menggulir layar HP dari atas ke bawah, tombol power tersedia di samping ikon pengaturan. Ambil contoh seperti di ROG Phone 8 atau Samsung Galaxy M54 5G, yang mengusung konsep seperti itu.

Jadi pengguna tidak perlu menekan lama-lama bentuk fisiknya yang berada di sisi kanan HP. Cukup klik sekali tombol power di dalam HP, dan pilih ‘Daya Mati’ atau ‘Matikan’ (tergantung bahasa setiap smartphone).

Arti Tanda I dan O di Tombol Power

Lantas apa sih arti tanda I dan O di tombol power? Berikut penjelasannya, sebagaimana dihimpun detikINET dari berbagai sumber, Rabu (3/7/2024).

Huruf I dan O masing-masing melambangkan sirkuit listrik tertutup (perangkat menyala) dan sirkuit terbuka (perangkat mati). Jadi cara untuk menghidupkan dan mematikan sebuah objek dulunya itu menggunakan dua tombol, merah dan hijau atau tombol nol dan satu (sebagai kode biner).

Namun saat ini kedua simbol tersebut digabungkan menjadi satu ikon, seperti yang sekarang sering dilihat orang-orang. Sebuah komite internasional yang terdiri dari ilmuwan dan insinyur melakukan proyek penelitian, yang akhirnya merekomendasikan simbol gabungan ini sebagai ‘Daya’.

Keduanya akhirnya mewakili aksi yang akan terjadi saat menekan tombol power. Simbol I (garis tegak lurus) melambangkan daya hidup atau on. Sementara O (lingkaran terputus) merepresentasikan daya mati atau off. Itu dia arti tanda I dan O di tombol power.

(hps/fay)

Membagikan
Exit mobile version