Sabtu, Oktober 5


Jakarta

Arsenal selama ini dinilai kekurangan bomber tajam yang mampu mendulang banyak gol. Namun manajer Mikel Arteta menyebut sudah ada sosok yang bisa melakukan itu di dalam timnya, yakni Kai Havertz.

Sejak ditinggal Pierre-Emerick Aubameyang, Arsenal belum kembali memiliki penyerang yang mampu mencetak 20 gol atau lebih di Premier League. Penyerang berpaspor Gabon itu terakhir kali melakukannya pada musim 2019-20 dengan membobol lawan 22 kali.

Dalam empat musim berikutnya, pemain The Gunners dengan gol terbanyak dalam adalah Alexander Lacazette (13 gol) di 2020-21, Bukayo Saka (11 gol) di 2021-22, Martin Odegaard dan Gabriel Martinelli (15 gol) di 2022-23, dan Saka di musim lalu dengan 16 gol.


Faktor ini diyakini juga menjadi salah satu alasan mengapa Arsenal tak mampu menghentikan kedigdayaan Manchester City pada empat musim terakhir. Apalagi The Citizens punya sosok Erling Haaland yang tampil bak predator di kotak penalti.

Arsenal pun tak membeli penyerang murni pada musim panas lalu, hanya mendatangkan Raheem Sterling yang lebih sering bermain sebagai penyerang sayap. Itu karena Arteta yakin Havertz kini memiliki kapasitas untuk mendulang gol sebanyak mungkin.

“Dia jelas memiliki semua kualitas dan memiliki ambisi untuk melakukan itu,” kata Arteta mengenai Havertz.

“Pada akhirnya, mencetak gol terkadang bergantung pada detail yang sangat kecil dan banyak hal yang harus mendukung Anda.”

“Tetapi dia memilikinya dan pola pikirnya telah banyak berubah berkaitan dengan itu dan menurut saya dia tentu memiliki kemampuan untuk melakukannya,” jelas pelatih asal Spanyol itu.

Havertz memang mengawali musim ini dengan baik. Meski tak setajam Haaland atau Mohamed Salah, namun pemain asal Jerman itu sudah mengemas tiga gol dalam enam laga.

(adp/mrp)

Membagikan
Exit mobile version