Jumat, Oktober 11


Jeddah

Pelatih Arab Saudi Roberto Mancini bersikap realistis soal peluang timnya lolos ke Piala Dunia 2026 setelah tumbang 0-2 dari Jepang dalam kualifikasi zona Asia. Ia kini hanya mengincar posisi kedua yang merupakan slot terakhir untuk lolos langsung.

Samurai Biru meraih kemenangan ketiga secara beruntun dalam laga yang berlangsung di Jeddah, Jumat (11/10) dinihari WIB. Dua gol dari Daichi Kamada di menit ke-14 dan Koki Ogawa di menit ke-81 sukses membungkam publik tuan rumah.

Dengan kemenangan ini, Jepang kian kukuh dengan koleksi sembilan poin. Mereka unggul lima poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain yang berada tepat di belakang.


Menyoroti kekalahan ini, Mancini belum lempar handuk atas peluang The Green Falcons berangkat ke Amerika Utara pada 2026 mendatang. Namun pria asal Italia itu merasa posisi kedua adalah target realistis, terlebih jika melihat betapa digdayanya Jepang.

“Kami tidak menciptakan banyak peluang dan harusnya kami bisa melakukan itu,” ujar Mancini usai laga dan dikutip situs resmi AFC. Arab Saudi sejatinya membuat 13 percobaan, namun hanya dua yang tepat sasaran.

“Kami tahu Jepang adalah kandidat kuat untuk menjadi juara grup dan kami akan bersaing dengan Australia untuk mengamankan posisi kedua.”

Mancini juga menyoroti kebugaran timnya yang menurun di sepertiga akhir babak kedua. Gol Ogawa dari sepak pojok pun terjadi di periode tersebut.

“Setelah menit ke-70, ada penurunan kebugaran tim, kami ingin melakukan serangan balik tapi malah menjadi bumerang bagi kami. Mungkin kami kehilangan fokus di pengujung laga,” jelasnya.

Arab Saudi selanjutnya akan menghadapi Bahrain di Jeddah pada Rabu (16/10) dinihari WIB, sementara Jepang menjamu Australia di Saitama pada Selasa (15/10) sore WIB.

Simak: Indonesia Tahan Imbang Arab Saudi 1-1, Maarten Paes Jadi Penyelamat

[Gambas:Video 20detik]

(adp/aff)

Membagikan
Exit mobile version