Rabu, Juni 26

Jakarta

Di ajang WWDC 2024 kemarin, Apple mengumumkan kolaborasi dengan OpenAI untuk mengintegrasikan ChatGPT di Siri. Rupanya tidak ada kontrak senilai jutaan dolar di balik kerjasama ini.

Menurut laporan Bloomberg, Apple tidak membayar OpenAI untuk menanamkan ChatGPT di Siri, begitu juga sebaliknya. Apple meyakini exposure yang diterima OpenAI dengan menempatkan teknologinya di ratusan juta perangkat akan jauh lebih besar dibandingkan pembayaran dalam bentuk uang.

Apple akan menggunakan model GPT-4o dari OpenAI untuk mentenagai fitur AI di iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia. Berkat integrasi ini, asisten suara Siri bisa jadi lebih pintar dalam memahami pertanyaan pengguna yang lebih rumit, seperti menciptakan ide menu, merangkum artikel, atau menemukan foto berdasarkan deskripsi.


ChatGPT di perangkat Apple juga bisa digunakan untuk menulis cerita, serta menulis ulang dan mengoreksi teks yang sudah ada. Fitur-fitur ini dapat diakses secara gratis tanpa harus login ke ChatGPT, tapi ada beberapa benefit tambahan jika pengguna berlangganan ChatGPT Plus.

Nah, di sini OpenAI bisa mendapatkan uang jika ada pengguna Apple yang berlangganan ChatGPT Plus dengan biaya USD 20 per bulan. Jika pengguna mendaftar ChatGPT Plus di perangkat Apple, produsen iPhone itu juga akan menerima komisi.

Ke depannya Apple berharap menerima lebih banyak penghasilan dari AI lewat perjanjian bagi hasil dengan perusahaan lain. Apple berencana mengambil sebagian dari pendapatan yang diterima mitranya dari monetisasi output yang dihasilkan chatbot di ekosistemnya.

Apple meyakini jumlah pengguna yang beralih ke AI dari mesin pencari akan lebih semakin banyak. Artinya, mereka bisa mendapatkan lebih sedikit pemasukan dari kontraknya dengan Google yang bernilai miliaran dolar, seperti dikutip dari Engadget, Sabtu (15/6/2024).

Selain OpenAI, Apple juga sedang berdiskusi dengan Google untuk menanamkan Gemini di iOS tahun ini. Perusahaan besutan Steve Jobs itu juga mendekati perusahaan AI Antrophic untuk menyediakan chatbot Claude sebagai opsi lainnya.

Laporan Bloomberg mengklaim Apple sedang mempertimbangkan kerjasama dengan Baidu dan Alibaba untuk mengotaki fitur chatbot di China, di mana ChatGPT dan chatbot buatan Barat lainnya tidak tersedia secara resmi.

Simak Video “Sederet Update Terbaru yang Akan Hadir di iOS 18
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version