Selasa, Juli 2

Jakarta

Apple kembali menyindir Android secara halus. Mereka memamerkan dua keunggulan iPhone dibandingkan Android yaitu harga jual kembali yang lebih tinggi dan perangkat yang lebih awet.

Statistik ini diungkap lewat whitepaper bertajuk ‘Longevity by Design.’ Makalah ini berfokus kepada pendekatan Apple soal produk berusia panjang, serta kemudahan memperbaiki perangkat dan suku cadang.

“Merancang produk terbaik dan tahan lama memerlukan keseimbangan antara daya tahan dan kemudahan perbaikan, sembari menyediakan update software yang berkelanjutan – dan kami terus mencari cara baru dan inovatif untuk mencapai misi tersebut,” kata SVP Hardware Engineering Apple John Ternus, seperti dikutip dari 9to5Mac, Jumat (28/6/2024).


Lebih lanjut, makalah tersebut berisi sejumlah statistik menarik tentang iPhone. Apple mengatakan harga jual kembali iPhone bekas 40% lebih tinggi dibandingkan ponsel Android, bahkan untuk iPhone lawas.

Produk Apple juga dipakai lebih lama oleh penggunanya ketimbang Android. Apple mengatakan sudah ada ratusan juta iPhone yang dipakai selama lima tahun atau lebih.

“Ada ratusan juta iPhone yang sudah digunakan selama lebih dari lima tahun – dan jumlahnya terus bertambah,” tulis Apple dalam laporannya.

“Dan sementara beberapa kompetitor kami baru mulai menjanjikan update OS multi-tahun untuk produk mereka, Apple mempelopori praktik menyediakan update gratis untuk konsumen kami sejak satu dekade lalu guna menjaga produk awet lebih lama,” sambungnya.

Apple juga menunjukkan beberapa cara yang mereka ambil untuk membuat iPhone bisa dipakai lebih lama. Saat ini prioritas Apple adalah membuat iPhone lebih awet ketimbang memudahkan perbaikan komponen.

Apple mengungkap perbaikan untuk kerusakan yang tidak disengaja turun 44% sejak memperkenalkan casing yang lebih baik di iPhone 7 dan setelahnya. Perbaikan untuk kerusakan akibat cairan juga turun 75% sejak perlindungan terhadap cairan diperkenalkan di iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

(vmp/rns)

Membagikan
Exit mobile version