Minggu, Juni 16

Jakarta

Apple baru saja memperkenalkan iPad Air dan iPad Pro terbaru serta chip M4 yang fokus pada kecerdasan buatan (AI). Tidak heran jika mereka memanfaatkan kesempatan ini untuk memamerkan sederet fitur AI baru di iPad Air dan iPad Pro.

Mulai dari iPad Air yang kini mengusung chip M2 dengan CPU, GPU, dan neural engine lebih kencang. Apple menyebut iPad Air sebagai perangkat yang sangat bertenaga untuk AI.

Tablet ini dilengkapi sejumlah fitur AI untuk desain dan mengedit foto seperti ‘visual lookup’ yang bisa mengidentifikasi objek di dalam foto, ‘subject lift’ yang bisa memisahkan subjek foto untuk dipindah atau diedit, dan ‘live text capture’ yang bisa menyalin, membagikan, mencari, dan menerjemahkan teks di gambar.


Apple juga menjagokan aplikasi buatan pihak ketiga seperti Photomator yang mengandalkan model AI yang sudah dilatih menggunakan 20 juta foto profesional untuk meningkatkan foto hanya dengan sekali klik.

Sementara itu iPad Pro mendapat upgrade dari chip M2 ke M4 dengan CPU, GPU, dan akselerator machine learning generasi baru yang diklaim Apple dapat memberikan performa 50% lebih kencang dari chip M2. Apple juga menjagokan neural engine atau neural processing unit (NPU) di chip M4 yang dikhususkan untuk mempercepat beban kerja AI.

“Saat ini, ketika industri chip baru mulai menambahkan NPU ke beberapa prosesor mereka, kami telah menyertakan neural engine terdepan di industri di dalam chip kami selama bertahun-tahun,” kata SVP Hardware Engineering Apple John Ternus, seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (10/5/2024).

Sayangnya Apple tidak mengungkap daftar fitur AI apa saja yang bisa dimanfaatkan chip bertenaga ini. Mereka hanya menyebutkan fitur untuk memindai atau scan dokumen yang ditenagai AI dan fitur ‘anggota band AI’ di aplikasi Logic Pro.

“Kita semua pernah memiliki pengalaman mencoba memindai dokumen dalam kondisi pencahayaan yang sulit untuk menghindari bayangan,” kata Ternus.

“(iPad) Pro baru menyelesaikan masalah ini. Tablet ini menggunakan AI untuk mendeteksi dokumen secara otomatis seperti formulir dan tanda terima. Jika ada bayangan yang menghalangi, kamera ini akan langsung mengambil banyak foto dengan flash adaptif baru. Foto-foto itu kemudian dijahit dan hasilnya adalah scan yang lebih baik.

Fitur-fitur yang diumumkan Apple di event Let Loose semalam memang tidak sedramatis yang ditawarkan Samsung lewat Galaxy AI. Apple sepertinya menyimpan pengumuman soal fitur AI-nya untuk event WWDC 2024 yang akan digelar pada Juni 2024.

Simak Video “Spesifikasi dan Harga iPad Pro 2024
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version