Rabu, Oktober 2

Jakarta

Apple kabarnya batal menyuntikkan dana ke OpenAI. Pendanaan ini kabarnya akan mengumpulkan USD 6,5 miliar untuk pencipta ChatGPT tersebut.

Menurut laporan Wall Street Journal, Apple meninggalkan meja negosiasi belum lama ini. Keputusan ini diambil cukup mepet, karena proses penggalangan dana untuk OpenAI diperkirakan selesai pekan ini.

Apple pertama kali dikabarkan akan berinvestasi di OpenAI bulan lalu. Namun tidak diketahui berapa jumlah yang akan diinvestasikan oleh produsen iPhone tersebut.


Raksasa teknologi lain seperti Microsoft dan Nvidia kabarnya masih akan lanjut untuk menjadi investor di OpenAI. Microsoft diklaim akan menyuntikkan dana sebesar USD 1 miliar untuk perusahaan besutan Sam Altman itu.

Microsoft sudah menjadi investor terbesar di OpenAI setelah mengucurkan investasi senilai USD 13 miliar dalam beberapa tahun terakhir. Sebagai balasan, Microsoft bisa mengakses model AI milik OpenAI dan memperkuat layanan AI seperti Copilot.

Selain dua raksasa tersebut, OpenAI kabarnya akan menerima suntikan dana dari pemodal ventura Thrive Capital yang akan menanamkan modal sebesar USD 1 miliar. Tiger Global Management dan MGX juga terlibat dalam pembicaraan, seperti dikutip dari Mashable, Senin (30/9/2024).

Meski batal jadi investor, Apple masih memiliki hubungan baik dengan OpenAI. Keduanya bermitra untuk mengintegrasikan ChatGPT ke iOS 18, termasuk asisten pintar Siri.

Menurut laporan Bloomberg, Apple tidak membayar OpenAI dalam kerjasama ini, ataupun sebaliknya. Apple kabarnya meyakini ‘exposure’ yang didapatkan OpenAI dari integrasi di iOS 18 lebih besar dibandingkan nilai uang tunai.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version