Jumat, September 27

Jakarta

Apple Intelligence akan diluncurkan bulan depan bersama dengan iOS 18.1. Menjelang peluncurannya, Apple mengumumkan syarat storage atau penyimpanan yang dibutuhkan untuk menjalankan Apple Intelligence di iPhone.

Menurut laman ‘Introduction to Apple Intelligence on iPhone’ di website Apple, iPhone harus memiliki penyimpanan setidaknya 4GB untuk menjalankan Apple Intelligence. Kapasitas itu setara dengan satu film berkualitas HD.

Apple kembali menekankan Apple Intelligence akan tersedia di iPhone 16, iPhone 16 Plus, iPhone 16 Pro, iPhone 16 Pro Max, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max. Selain itu iPad dan Mac yang menjalankan chip M1 atau lebih baru juga bisa mengakses Apple Intelligence.


iPhone 15 Pro, iPhone 16, dan iPhone 16 Plus hadir dengan storage minimal 128GB, jadi ruang penyimpanannya mungkin agak sesak jika harus menginstal model Apple Intelligence. Belum lagi sistem operasi yang akan memakan sekitar 10GB dari total penyimpanan.

Tidak hanya itu, Apple mengatakan kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan untuk Apple Intelligence mungkin akan terus meningkan. “Syarat penyimpanan untuk model Apple Intelligence on-device akan meningkat seiring dengan peluncuran lebih banyak fitur,” tulis Apple website-nya, seperti dikutip dari The Register, Kamis (26/9/2024).

Benar saja, sejumlah pengguna yang sudah menginstal iOS 18.1 beta dan mendapatkan Apple Intelligence di iPhone-nya menemukan ukuran model Apple Intelligence yang berubah antara beta 1 dan beta 2. Ada yang membengkak dari 2,86GB menjadi 5,12GB, tapi ada juga yang tmasih di kisaran 2GB.

Apple Intelligence saat ini sudah bisa dijajal pengguna iPhone yang memenuhi syarat dan menjalankan iOS 18.1 beta. Fitur yang tersedia saat ini termasuk opsi untuk transkrip panggilan telepon dan rekaman di aplikasi Notes menjadi teks, writing tools untuk menulis ulang dan merangkum tulisan, fitur Clean Up di Photos untuk menghilangkan objek mengganggu di foto, serta tampilan baru untuk Siri.

Peluncuran fitur-fitur Apple Intelligence memang dilakukan secara bertahap. Jadi harap bersabar jika ingin menjajal fitur seperti integrasi ChatGPT, Genmoji, Image Playground, dan Siri yang lebih personal.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version