Rabu, Oktober 9

Jakarta

Jajaran iPhone 16 sudah mulai dijual di berbagai negara, namun fitur utamanya — Apple Intelligence — sampai saat ini pun belum dirilis ke publik. Kapan, Apple?

Menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple akan mulai merilis fitur AI tersebut pada 28 Oktober. Itu pun hanya segelintir fitur AI yang tersedia pada awalnya.

Ya, Apple memang sejak awal menyebut fitur AI itu akan tersedia pada Oktober ini. Tak salah memang jika mereka merilis pada 28 Oktober, karena memang masih bulan Oktober.


Menurut Gurman, Apple Intelligence tahap pertama itu masih akan sangat terbatas kemampuannya. Misalnya fitur-fitur seperti rangkuman notifikasi yang saat ini sudah ada pada iOS 18.1 versi beta. Sayangnya, fitur ini bisa dibilang tak terlalu menarik.

Fitur-fitur AI-nya baru agak menarik pada tahap kedua, yang akan dirilis bersama iOS 18.2. Dalam tahap dua ini, akan dihadirkan integrasi ChatGPT dan Genmoji, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Minggu (6/10/2024).

Namun perubahan yang paling besar, yaitu Siri versi baru yang bisa mengontrol aplikasi secara langsung baru akan disebar pada Maret 2025, bersamaan dengan iOS 18.4. Pembaruan ini kabarnya bisa membuat Siri (yang sering disebut sebagai asisten digital paling buruk) menjadi Siri yang benar-benar baru.

Siri akan bisa mengontrol aplikasi — atas perintah pengguna tentunya — secara langsung. Ia juga bisa menyisir data personal pengguna untuk menjawab pertanyaan atau perintah terkait data tersebut, misalnya mencari foto atau video tertentu.

Oh ya, Gurman juga sebelumnya menyebut kalau Apple Intelligence in mengecewakan jika dibandingkan dengan Google Gemini.

(asj/asj)

Membagikan
Exit mobile version