Selasa, Oktober 15

Jakarta

Apple sedang mempersiapkan sejumlah produk berbasis ‘vision’ yang akan diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan. Salah satunya adalah headset Vision Pro versi terjangkau.

Menurut laporan jurnalis Bloomberg Mark Gurman, Vision Pro versi terjangkau akan dirilis tahun depan dengan harga USD 2.000 atau sekitar Rp 31 jutaan.

Harganya memang masih tinggi, tapi setidaknya lebih terjangkau ketimbang Vision Pro generasi pertama yang saat ini dibanderol USD 3.500 atau sekitar Rp 54 jutaan.


Untuk menjaga harganya tetap terjangkau, Apple akan memangkas sejumlah fitur dan menggunakan material yang lebih murah. Kabarnya fitur EyeSight yang bisa memperlihatkan mata pengguna di layar luar headset akan dihilangkan.

Selain itu, prosesor yang digunakan mungkin tidak akan sekencang chipset M2 yang dipakai Vision Pro saat ini. Sementara untuk materialnya, mungkin akan menggunakan plastik untuk menggantikan aluminium dan kaca yang dipakai saat ini.

Apple juga masih berencana merilis Vision Pro generasi kedua. Penerus headset mixed reality ini kabarnya akan diluncurkan pada tahun 2026, seperti dikutip dari TechCrunch, Senin (14/10/2024).

Tidak hanya itu, produsen iPhone ini juga sedang mengembangkan dua model perangkat wearable baru yaitu kacamata pintar ala Meta Ray-Ban dan AirPods berkamera. Gurman mengklaim kedua perangkat ini akan diluncurkan tahun 2027.

Laporan Gurman juga membagikan informasi terbaru tentang strategi perangkat smart home Apple. Perangkat smart home Apple kabarnya akan terdiri dari tiga komponen utama yaitu kecerdasan buatan (AI), layar, dan software.

Salah satu perangkatnya adalah layar pintar mirip iPad yang bisa ditempatkan di sekeliling rumah untuk menonton TV, melakukan FaceTime, dan mengakses aplikasi. Ada juga perangkat tabletop dengan lengan robot yang akan dibanderol dengan harga USD 1.000 atau sekitar Rp 15 jutaan.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version