Kamis, Oktober 17

Jakarta

Apple dan Samsung sama-sama meluncurkan ponsel terbarunya di kuartal ketiga tahun 2024. Kini firma analis pasar Canalys mengungkap performa penjualan keduanya untuk periode tersebut.

Menurut laporan terbaru Canalys, pengapalan ponsel global naik 5% pada Q3 2024, menandai pertumbuhan empat kuartal berturut-turut. Pertumbuhan ini didorong oleh permintaan di ekonomi berkembang serta siklus upgrade di Amerika Utara, China, dan Eropa.

Pada Q3 2024, Samsung dan Apple sama-sama menduduki peringkat pertama dengan pangsa pasar 18%. Xiaomi mempertahankan posisinya di peringkat tiga dengan pangsa pasar 14%.


Oppo berhasil merebut peringkat empat untuk pertama kalinya tahun ini dengan pangsa pasar 9%, berkat pertumbuhan pesat di India dan Amerika Latin. Vivo melengkapi peringkat lima besar dengan pangsa pasar 9%.

Pangsa pasar ponsel global Q3 2024 Foto: Canalys

“Apple meraih volume penjualan tertingginya di kuartal ketiga dan belum pernah sedekat ini untuk memimpin pasar ponsel global di Q3 dibandingkan sekarang,” kata Runar Bjørhovde, analis dari Canalys, seperti dikutip dari Android Authority, Selasa (15/10/2024).

“Pergeseran pasar ke perangkat premium, yang diselingi dengan siklus pembaruan perangkat yang dibeli selama pandemi, menguntungkan Apple, terutama di wilayah yang menjadi basisnya seperti Amerika Utara dan Eropa,” sambungnya.

Pertumbuhan Apple didorong oleh permintaan yang tinggi terhadap iPhone 15 series dan model iPhone lawas lainnya. Efek penjualan iPhone 16 series belum dirasakan karena ponsel terbaru Apple ini baru dijual tiga hari sebelum Q3 berakhir.

Meski begitu, Canalys memperkirakan iPhone 16 series akan membantu Apple mengakhiri tahun 2024 dengan gemilang dan mendorong momentum pada Q1 2025, terutama setelah peluncuran Apple Intelligence di lebih banyak negara dan dalam lebih banyak bahasa.

Le Xuan Chiew, analis dari Canalys menambahkan jarak antara lima vendor ponsel teratas semakin menyempit, menunjukkan pasar yang semakin kompetitif. Vendor kemungkinan akan memanfaatkan momentum musim belanja akhir tahun seperti 11.11 dan Black Friday untuk menarik konsumen.

[Gambas:Youtube]


(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version