Rabu, Oktober 9

Jakarta

Pasar cincin pintar atau smart ring saat ini makin ramai setelah Samsung meluncurkan Galaxy Ring. Tapi, Apple justru membatalkan proyek cincin pintarnya yang sudah lama dirumorkan.

Kabar pembatalan ini datang dari jurnalis Bloomberg Mark Gurman. Dalam newsletter terbarunya, Gurman mengatakan Apple sebenarnya sudah melakukan penjajakan internal tentang cincin pintar selama beberapa tahun terakhir, tapi akhirnya proyek ini dibatalkan.

Alasan proyek ini dibatalkan karena cincin pintar mungkin akan mengalahkan popularitas Apple Watch yang saat ini masih menjadi produk terdepan di pasar smartwatch. Selain itu, cincin pintar mungkin tidak akan terlalu menguntungkan bagi Apple karena harganya mungkin lebih murah dibandingkan Apple Watch, seperti dikutip dari Android Headlines, Senin (7/10/2024).


Perangkat cincin pintar saat ini juga masih belum populer, jadi Apple mungkin tidak yakin akan ada permintaan cukup besar dari konsumen untuk terjun ke bisnis ini. Tapi, bukan tidak mungkin partisipasi Samsung akan membuat segmen cincin pintar jadi lebih ramai.

Rumor soal cincin pintar buatan Apple pertama kali muncul pada awal tahun ini, tidak lama setelah Samsung mengonfirmasi pengembangan Galaxy Ring. Apple bahkan sempat mematenkan sejumlah konsep cincin pintar dalam beberapa tahun terakhir.

Paten terbaru Apple menunjukkan cincin pintar yang bisa memonitor kesehatan pengguna dengan sensor detak jantung dan SpO2. Cincin pintar lain buatan Samsung dan Oura bisa memonitor informasi seperti suhu tubuh, detak jantung, tingkat oksigen dalam darah, tidur, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, paten tersebut juga menunjukkan fitur lain yang cukup unik yaitu opsi untuk mengontrol perangkat Apple lainnya, termasuk headset Apple Vision Pro. Menurut paten tersebut, cincin pintar dapat digunakan untuk mengubah pengaturan speaker, memberikan input sentuhan, gestur, atau tekanan dii display, atau menyesuaikan haptic di perangkat Apple lainnya.

Simak Video “Apple Maps Versi Web Dirilis, Bisa Diakses di Perangkat Non-Apple
[Gambas:Video 20detik]

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version