Selasa, Oktober 22

Jakarta

Aplikasi Kalkulator akhirnya tersedia di iPad. Menariknya kemampuannya tidak sekadar bisa menghitung tambah, kurang, kali dan bagi, ternyata lebih dari itu.

Saat menjajal iPadOS 18, aplikasi Kalkulator menyediakan opsi baru yang bisa diakses dengan menekan ikon kalkulator di pojok kiri bawah. Lalu muncul tiga fitur baru.

Pertama Scientific, pengguna bisa melakukan hitungan matematika yang lebih rumit. Ada rumus akar, Log, Sin, Cos, Tan dan lainnya.


Tapi yang lebih menarik fitur Math Note. Ini sempat menjadi highlight presentasi iPadOS 18 di keynote WWDC 2024.

Untuk menggunakannya hanya perlu menekan ikon kalkulator di sudut kiri bawah. Lalu pilih opsi Math Note.

Dengan menggunakan Apple Pencil, pengguna cukup menuliskan angka atau ekspresi matematika. Begitu menuliskan = atau sama dengan, seketika Math Note akan menyelesaikannya.

Kalkulator iPadOS 18 Foto: Apple

Fungsi ini sangat berguna untuk mengatasi masalah-masalah matematika, baik itu dalam kelas, kantor maupun di rumah. Kita juga dapat menyesuaikan nilai variabel ketika belajar konsep baru, menghitung anggaran, dan lain-lain.

Selain itu, Math Notes juga memberikan fitur grafik. Pengguna dapat menulis atau mengetik ekspresi matematika dan menambahkan grafiknya dengan hanya satu tap. Pengguna juga dapat menambahkan beberapa rumus matematika pada satu grafik untuk melihat bagaimana mereka berhubungan.

Dengan menggunakan Apple Pencil bisa menaikturunkan grafik atau dapat mengubah angka dengan mengeser gear kanan kiri. Saat angkanya bertambah atau berkurang nilainya, solusinya akan berubah secara real time.

Kalkulator iPadOS 18 Foto: Apple

Ada satu lagi fitur yang sangat bermanfaat bagi banyak pengguna. Aplikasi Kalkulator menyediakan fungsi konversi.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya:

  • Tekan ikon kalkulator di kiri bawah
  • Pada opsi Convert, geser tombol ke kanan

Setelah aktif kita dapat langsung melakukan konversi kurs antar mata uang, termasuk rupiah. Tapi tak hanya itu yang bisa dikonversi.

Ketika kita menekan bagian satuan konversi akan muncul pilihan lain, mulai dari area, data, energi, volume, tekanan dan lain-lain.

Jadi, Anda tidak harus membuka browser untuk mengonversi secara online atau menginstall aplikasi pihak ketiga.

Simak Video “Sekarang Ada Aplikasi Kalkulator di iPadOS
[Gambas:Video 20detik]

(afr/fay)

Membagikan
Exit mobile version