Selasa, Oktober 8

Jakarta

Sejumlah aplikasi Kaspersky tiba-tiba menghilang dari Google Play Store. ternyata Google menghapus aplikasi Kaspersky dan menonaktifkan akun developer milik perusahaan asal Rusia tersebut.

Sejak beberapa hari terakhir, sejumlah pengguna melaporkan bahwa produk Kaspersky seperti VPN & Antivirus by Kaspersky dan Kaspersky Endpoint Security tidak lagi tersedia di Google Play Store di Amerika Serikat dan negara lainnya, termasuk Indonesia.

Kaspersky mengonfirmasi masalah ini di forum resmi perusahaan pada Minggu (29/9) lalu dan mengatakan saat ini mereka sedang menyelidiki penyebab aplikasinya tidak lagi tersedia di toko aplikasi Google.


“Download dan update produk Kaspersky untuk sementara tidak tersedia di Google Play Store,” kata seorang karyawan Kaspersky, seperti dikutip dari Bleeping Computer, Sabtu (5/10/2024).

“Kaspersky saat ini sedang menyelidiki situasi di balik masalah ini dan menjajaki solusi potensial untuk memastikan bahwa pengguna produknya dapat terus mengunduh dan memperbarui aplikasi mereka dari Google Play,” sambungnya.

Walaupun tidak tersedia di Play Store, Kaspersky menyarankan pengguna Android untuk mengunduh aplikasi mereka lewat toko aplikasi alternatif seperti Galaxy Store, Huawei AppGallery, dan Xiaomi GetApps. Aplikasi keamanan Kaspersky juga bisa diinstal dengan mengunduh file .apk dari website resminya.

Menghilangnya aplikasi Kaspersky dari Play Store terjadi beberapa bulan setelah pemerintah Amerika Serikat menjatuhkan sanksi kepada perusahaan antivirus tersebut dan 12 eksekutifnya. Bisnis Kaspersky di AS langsung ditutup dan aplikasi antivirusnya dicekal karena masalah keamanan nasional.

Dalam keterangan resminya, Google mengonfirmasi bahwa kebijakan pemerintah AS ini mendorong keputusan mereka untuk memblokir Kaspersky dan produknya di Play Store.

“Biro Industri dan Keamanan Kementerian Perdagangan AS baru-baru ini mengumumkan sejumlah pembatasan terhadap Kaspersky. Oleh karena itu, kami telah menghapus aplikasi Kaspersky dari Google Play,” ujar juru bicara Google.

(vmp/vmp)

Membagikan
Exit mobile version