Senin, September 30


Haiphong

Vietnam dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025. Kekalahan dari Suriah di laga terakhir kualifikasi memicu nasib apes itu.

Vietnam menelan kekalahan 0-1 dari Suriah di laga terakhir Grup A Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Minggu (29/9/2024) Gol bunuh diri Nguyen Ngoc Chien membuat peluang tim asuhan Xu Hien Vinh lolos ke putaran final sempat terancam.

Hasil itu membuat Vietnam masih mengemas 9 poin di peringkat dua Grup A. Suriah, yang menjadi juara grup, memastikan lolos ke putaran final.


Vietnam kemudian harus memastikan nasibnya lewat beberapa laga, yang akan digelar setelahnya. The Golden Star Warriors sempat masih punya peluamg lolos lewat jalur runner up terbaik, dengan cuma lima tim yang lolos dari jalur itu.

Awalnya, Vietnam harus bersaing dengan Yaman (7 poin), Kirgistan (7), dan Thailand (6). Vietnam (6 poin) hanya unggul atas Qatar (6) dengan keunggulan produktivitas gol. Raihan poin Vietnam tak menghitung laga melawan Bhutan sebagai tim peringkat lima, mengingat tidak semua grup dihuni lima tim.

Yaman, Kirgistan, dan Thailand kemudian mengamankan kelolosannya sebagai runner up terbaik. Tinggal Vietnam dan Qatar yang akhirnya berebut tiket tersisa. Vietnam kemudian menggantungkan nasibnya lewat laga Jordan vs Qatar dan Australia vs Arab Saudi.

Yordania akan membantu Vietnam lolos andai bisa mengalahkan Qatar. Atau, Vietnam harus berharap Qatar mengalahkan Yordania dengan selisih lima gol tanpa balas, agar membuat Yordania gagal masuk lima besar runner up terbaik.

Namun, Yordania kalah 2-3 dari Qatar. Hasil itu membuat Qatar lolos dengan status juara Grup J, sementara Yordania jadi masuk klasemen runner up terbaik, dengan catatan gol lebih baik ketimbang Vietnam, +8 berbanding +5.

Kemudian dari laga Australia vs Arab Saudi, pertandingan berakhir imbang 0-0. Arab mempertahankan juara Grup D dan lolos, sementara Australia menjadi salah satu runner up terbaik, menggeser Vietnam.

Alhasil, Vietnam gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2025. Hasil ini membuat Indonesia dan Thailand menjadi dua wakil ASEAN di putaran final tahun depan.

Indonesia lolos sebagai juara Grup F dengan raihan 7 poin dari tiga laga, mengungguli Yaman. Sementara Thailand menjadi runner up Grup H dengan 7 poin, di bawah Irak.

Piala Asia U-20 2025 akan digelar di China, pada 6-23 Februari 2025.

Simak juga Video ‘Imbang Lawan Yaman 1-1, Garuda Muda Lolos ke Piala Asia U-20’:

[Gambas:Video 20detik]

(yna/rin)

Membagikan
Exit mobile version