Kamis, Oktober 10


Jakarta

Es krim termasuk dessert yang lezat dan populer. Rasanya manis menyegarkan dari campuran buah, susu, dan lainnya. Namun, apakah mengonsumsinya menyehatkan?

Es krim merupakan hidangan yang terbuat dari campuran susu dan bahan manis. Biasanya dicampurkan buah segar, cokelat, vanila, selai, dan lainnya.

Banyak yang menyebut kalau dessert ini mengandung banyak gula, tapi tak jarang juga yang mengatakan bahwa es krim bisa menjadi pilihan camilan sehat. Bahkan, hal tersebut dibuktikan dalam beberapa penelitian.


Dilansir dari Delish (1/10), sebuah penelitian pada 2018 menemukan bahwa mengonsumsi es krim mungkin dapat menurunkan risiko diabetes tipe-2. Es krim juga dikatakan sehat karena adanya campuran susu pada sajiannya.

Es krim Foto: iStock

Angel Luk, selaku ahli gizi juga menjelaskan manfaat sehat dari es krim. “Es krim ‘asli’ merupakan sumber vitamin A, D, dan B12 yang dapat membantu pada kesehatan penglihatan, kekebalan tubuh, sistem saraf, dan kesehatan sel,” jelasnya.

Selain kalsium, yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi, ahli gizi Lauren Manaker mengatakan bahwa makan es krim dapat mendatangkan kegembiraan. “Kita tidak dapat meremehkan ‘faktor kegembiraan’ yang dapat diberikan oleh es krim ini,” ungkap Manaker.

Meski disebut sehat, tetapi ada juga dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari terlalu banyak mengonsumsi es krim. Manaker menyoroti penggunaan susu dan gula tambahan.

Karena mengandung banyak gula dan lemak jenuh, Manaker mengatakan bahwa jika dimakan secara berlebihan, es krim dapat menyebabkan penambahan berat badan, peningkatan kadar gula darah, atau bahkan peningkatan risiko penyakit jantung.

“Orang yang sedang mengalami kondisi seperti diabetes atau kolesterol tinggi sebaiknya mengonsumsi es krim sesuai dengan anjuran penyedia layanan kesehatan mereka,” imbuhnya.

Jadi, berapa batasan aman mengonsumsi es krim? Manaker mengatakan bahwa hal ini bergantung pada kebiasaan makan dan ukuran porsi.

“Jika makanan kamu umumnya rendah gula tambahan dan kamu tidak terlalu sering mengonsumsinya, mengonsumsi es krim setiap hari bisa jadi baik-baik saja bagi orang yang umumnya sehat,” jelasnya.

Tampaknya es krim rendah kalori tanpa gula tambahan juga aman dikonsumsi setiap hari. Kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah agar konsumsinya lebih aman. Tentunya harus diselingi juga dengan mengonsumsi makanan bergizi lain, seperti buah-buahan, sayuran, dan protein.

(yms/adr)

Membagikan
Exit mobile version