Kamis, September 19

Jakarta

Air kelapa merupakan cairan semi bening yang ada di dalam buah kelapa muda. Minuman ini dikenal dengan rasa segar, sehingga mampu untuk melepas dahaga.

Apakah boleh minum air kelapa setiap hari? Air kelapa bisa diminum setiap hari. Karena selain rendah gula, air kelapa juga mengandung elektrolit penting seperti kalium, magnesium, kalsium, dan sodium.

Kandungan tersebut yang membuat air kelapa menawarkan berbagai manfaat kesehatan. Artinya, air kelapa menyehatkan untuk diminum setiap hari, terutama jika kamu sering berolahraga atau mengalami diare kronis.


Lalu, apa efek minum air kelapa setiap hari? Berikut penjelasannya.

Efek Minum Air Kelapa Setiap Hari

Berikut adalah beberapa hal yang terjadi jika kita minum air kelapa:

1. Membuat Tulang Tetap Kuat

Banyak orang yang mengkonsumsi kalsium dari jumlah yang dibutuhkan. Dalam hal ini, rendahnya kadar kalsium bisa menyebabkan masalah seperti pengeroposan tulang, kepadatan tulang rendah, hingga membuat tulang mudah patah.

Dilansir WebMD, secangkir air kelapa mengandung 40,8 miligram kalsium atau sekitar 4% dari jumlah pemenuhan nutrisi harian atau daily value (DV).

Artinya, meskipun air kelapa bukanlah pemasok utama kalsium, namun airnya sangatlah bermanfaat.

2. Membuat Tubuh Terhidrasi

Terhidrasi sangat penting agar sendi tetap terlumasi, mengatur suhu tubuh, menyalurkan nutrisi ke sel, hingga meningkatkan kualitas tidur dan suasana hati.

Minum air kelapa menjadi cara sangat baik untuk merehidrasi tubuh, tanpa menambahkan banyak gula ke dalam diet. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan hanya 60 kalori per porsi 1 gelas saja.

3. Membantu Meningkatkan Fungsi Otot

Kalium adalah mineral dan elektrolit yang dibutuhkan tubuh manusia untuk fungsi otot. Kandungan elektrolit dalam air kelapa memiliki manfaat potensial dalam mencegah dan mengurangi kram otot saat berolahraga.

Jika seseorang kekurangan elektrolit, air kelapa bisa jadi pilihan yang sehat untuk diminum.

Salah satu merek air kelapa yang terkenal bahkan bisa mengandung 509 miligram kalium dalam satu cangkir (240 milliliter), yang setara dengan 15% dari DV.

4. Mampu Mencegah Sembelit

Air kelapa kaya akan kalium maka dari itu bisa dijadikan pencahar ringan karena mengandung banyak kalium.

Terlalu banyak kalium dapat menyebabkan diare pada sebagian orang, tetapi minum air kelapa secara teratur dapat mencegah sembelit.

Kita boleh minum air kelapa saat perut kosong. Namun, tidak ada manfaat khusus untuk melakukannya. Hal itu tidak akan membantu seseorang dalam menurunkan berat badan lebih cepat atau meningkatkan kekebalan tubuh.

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, air kelapa mungkin tidak memiliki efek samping.

Dilansir laman Verywell Health, jika seseorang mengidap sindrom iritasi usus besar (IBS) atau sedang menjalani diet rendah FODMAP batasi atau hindari minum air kelapa.

Pasalnya, air kelapa mengandung karbohidrat tertentu yang bisa memperburuk gejala pencernaan.

(khq/fds)

Membagikan
Exit mobile version