Minggu, Oktober 6

Jakarta

Kabah adalah tempat suci yang dirindukan umat Islam. Setiap tahunnya, berbondong-bondong orang pergi ke sana untuk menunaikan ibadah umrah maupun haji.

Kabah juga merupakan kiblat atau pusat arah untuk bersujud. Bangunan ini pertama kali dibuat di masa Nabi Ibrahim AS dan telah mengalami beberapa perbaikan untuk membuatnya tetap bertahan.

Karena Kabah merupakan salah satu bangunan suci umat Islam, tak sembarangan orang yang bisa masuk ke dalam bangunan Kabah. Tak sedikit yang penasaran seperti apa dalamnya Kabah.


Dilihat dari luar, Kabah atau Baitullah ditutup dengan kain sutera hitam suci. Kain ini disebut dengan nama Kiswah. Bagaimana dengan interior Kabah?

Melansir situs The Islamic Information, berikut ini beberapa bagian penting Kabah yang diketahui publik:

1. Kunci Kabah

Pemegang kunci Kabah adalah orang-orang terpilih. Pada penaklukan Mekah di tahun 8 Hijriah, Nabi Muhammad menitipkan kunci Kabah kepada Utsman Bin Abi Talha. Dia merupakan keturunan dari keluarga Shaibi yang juga menjaga kunci tersebut sebelum tersebarnya Islam di dunia.

Kunci Ka’bah. Foto: Dosseman-Wikimedia Commons

2. Kotak Marmer

Dalamnya Kabah tidak diisi dengan banyak barang. Namun, ada satu yang menarik perhatian yakni kotak marmer di dalam Kabah yang terletak di sebelah kanan pintu. Kotak itu digunakan untuk menyimpan minyak dan wewangian yang dipakai guna membasuh dan membersihkan bagian dalam Kabah.

Kotak marmer dalam Ka’bah. Foto: Twitter @theholymosques

3. Pintu di dalam Kabah

Sering dijelaskan bahwa Kabah memiliki banyak pintu selain yang bisa dilihat dari luar. Salah satu pintu itu adalah pintu kecil berlapis emas dan perak yang terbuat dari kayu pilihan. Tertulis juga ayat Allah SWT di sana.

Pintu di dalam Ka’bah. Foto: The Islamic Information

4. Tempat salat Nabi Muhammad SAW

Ada pola unik menyerupai sajadah di lantai Kabah. Nah, itu adalah tempat salat Nabi Muhammad SAW ketika memasuki Kabah usai penaklukkan Mekkah.

Tempat sholat Nabi Muhammad SAW di dalam Ka’bah. Foto: The Islamic Information

5. Al-Multazam

Terdapat area yang berada di tengah-tengah antara sisi kiri pintu Kabah dan Hajr Al-Aswad yang disebut dengan Al-Multazam. Ibnu Abbas RA meriwayatkan bahwa Al-Multazam adalah tempat terkabulnya doa.

Al Multazam di dalam Ka’bah. Foto: The Islamic Information

6. Hiasan dalam Kabah

Di dalam Kabah terdapat dekorasi pemberian raja, sultan, dan para penguasa di zaman sebelumnya. Hiasan itu menggantung di pilar Kabah.

Hiasan di dalam Ka’bah. Foto: The Islamic Information

Simak Video “Matahari Tepat di Atas Kabah, Waktunya Luruskan Arah Kiblat!
[Gambas:Video 20detik]

(ask/jsn)

Membagikan
Exit mobile version