Selasa, September 17


Jakarta

Motor listrik telah menjadi pilihan yang semakin populer di kalangan penggunaan kendaraan bermotor di Indonesia. Dengan keunggulannya, seperti ramah lingkungan, hemat biaya operasional, dan minim perawatan, motor listrik menawarkan alternatif yang menarik dibandingkan motor konvensional.

Namun, meski motor listrik mempunyai sistem yang lebih sederhana, perawatan dan servis berkala tetap menjadi aspek penting yang tidak boleh dilupakan.Tentunya hal ini untuk memastikan kinerja motor listrik yang optimal. Lantas, apa saja sih yang dicek saat service rutin motor listrik? Berapa kisaran biayanya?

Apa Saja yang Dicek Saat Service Rutin Motor Listrik?

Servis rutin pada motor listrik penting dilakukan untuk mengoptimalkan kinerja motor listrik. Sehingga semua komponen dalam kondisi yang optimal.


Mengutip Instagram Yadea Indonesia, ada tiga bagian yang dicek saat servis listrik rutin, yaitu bagian depan, bagian kelistrikan, dan rangka. Berikut beberapa komponen-komponennya.

Bagian Depan

  1. Fungsi lampu
  2. Fungsi klakson
  3. Fungsi stang
  4. Sistem dan pergantian minyak rem

Bagian Kelistrikan

  1. Motor penggerak
  2. Main cable
  3. Electric harness
  4. Baterai

Bagian Rangka

  1. Velg depan dan belakang
  2. Pengecekan torsi baut dan mur
  3. Suspensi depan dan belakang
  4. Rangka dan komstir

Servis motor listrik baiknya dilakukan setiap enam bulan sekali. Hal ini untuk menjaga motor listrik dalam keadaan prima.

Estimasi Biaya Service Rutin Motor Listrik

Menurut salah satu layanan dealer Yadea, estimasi biaya untuk service rutin motor listrik adalah Rp 55.500. Lama pengerjaan service biasanya hanya menghabiskan waktu selama 20 menit. Jika ada penggantian kampas rem, maka dikenai biaya tambahan.

Biaya untuk mengganti kampas rem ditentukan berdasarkan tipe motor. Misalnya untuk Yadea T9, biayanya sekitar Rp 46.000 per kampas ditambah ongkos pasang per kampas Rp 25.000.

Sementara itu menurut salah satu admin Viar Motor Indonesia, untuk pengecekan battery lithium dikenakan biaya kurang lebih Rp 75.000 dan cek kabel listrik dan dinamo Rp 75.000. Jika ingin mengganti kampas rem depan dan belakang, biayanya Rp 250.000.

Berapa Lama Baterai Motor Listrik Bisa Bertahan?

Pada umumnya, baterai motor listrik dapat bertahan 2-3 tahun. Biasanya setelah itu, banyak ditemukan permasalahan, seperti performa baterai yang menurun.

Menurut Sales Showroom Yadea Pasar Minggu, Ahmad Sopian, motor listrik mempunyai enam buah rangkaian baterai. Apabila terjadi kerusakan atau penurunan performa, hanya salah satu baterai yang rusak saja yang diganti.

“Karena baterai motor listriknya ada enam, kalau sepeda listrik ada empat, jadi kalau turun (performanya) nggak diganti semuanya, paling satu aja yang diganti,” kata Sopiyan.

(elk/row)

Membagikan
Exit mobile version